Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

E-Commerce Perlu Bangun Hub Logistik

Hedi Ardia Rabu, 30/08/2017 17:25 WIB
E-Commerce Perlu Bangun Hub Logistik
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) mendorong para pedagang elektronik nasional untuk membangun pusat (hub) logistik di sejumlah pulau sehingga biaya pengiriman logistik menjadi lebih murah. Disamping itu, pemerintah daerah pun harus terus merangsang agar pelaku UKM tidak sekadar menjadi reseller tapi produsen.

Head of Retail Education Division idEA Mohamad Rosihan mengatakan, selama ini bisnis perdagangan secara elektronik seringkali terkendala oleh biaya logistik yang belum efisien akibat infrastruktur logistik yang berdaya saing rendah.

"Kemajuan e-commerce belum mampu diimbangi oleh bisnis logistik atau logistik tidak mampu menampung pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce yang selama ini tersentral di Jakarta," katanya, kepada wartawan di sela-sela Kenduri e-UKM di Bandung, Rabu (30/8/2017).

Padahal ekonomi berbasis elektronik semakin berkembang di Indonesia. Potensi ekonominya luar biasa besar dan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Berdasarkan data eMarketer, transaksi e-Commerce Indonesia mencapai Rp25,1 triliun pada 2014 dan naik menjadi sekitar Rp69,8 triliun pada 2016. Dalam dua tahun pertumbuhannya mencapai 179%.

Untuk itu, potensi UKM untuk megembangkan bisnis dan memanfaatkan kanal ekonomi berbasis elektronik perlu didukung. UKM adalah satu penopang ekonomi nasional. Krisis moneter yang terjadi pada 1997 dan 2008 menjadi bukti daya tahan UKM terhadap krisis.

"Ekonomi berbasis elektronik bisa mempercepat perkembangan bisnis UKM, karena mereka bisa menjalankan perdagangan offline dan maupun online. Hanya, masalah logistik belum efektif dan efisien," ucapnya.

Salah satu cara yang dilakukan idEA dalam mendorong pertumbuhan e-Commerce di Indonesia dengan menggelar Kenduri Nasional e-UKM untuk memberikan stimulus dan pembekalan kepada pelaku UKM agar mampu memanfaatkan teknologi dan kanal digital dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Acara ini bertujuan untuk mendukung percepatan iplementasi roadmap e-Commerce di Indonesia yang ditetapkan pemerintah pemerintah," ucapnya.

Apps Bisnis.com available on: