Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 September 2017

Sidak Pasar Ingon, Dedi Mulyadi Pastikan Hewan Kurban Sehat

Wisnu Wage Senin, 28/08/2017 12:05 WIB
Sidak Pasar Ingon, Dedi Mulyadi Pastikan Hewan Kurban Sehat
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA--Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjamin kesehatan hewan ternak baik sapi maupun domba dalam menghadapi Idul Adha. 

Hal itu disampaikannya ketika menyidak langsung pasar Ingon - Ingon di Ciwareng Babakancikao Purwakarta,Senin (28/8/2017).

Sidak yang dilakukan Dedi sendiri bertujuan agar hewan ternak aman dikonsumsi dan siap untuk kurban  sekaligus mengingatkan kepada para pedagang sapi terkait kriteria hewan ternak yang bisa dijadikan untuk kurban.

"Secara umum sapi - sapi disini cukup sehat tetapi untuk kurban ada standar khusus yaitu yang giginya sudah copot itu bisa dikurbankan,"ujar Dedi.

Standar khusus tersebut menurut Dedi adalah untuk memberikan rasa aman kepada para konsumen,selain itu meminimalisir penyakit berbahaya apabila dikonsumsi.

"Kita inginkan aman makanya kita memberikan standar mutu tinggi untuk hewan ternak yang dijuali disini terutama untuk hewan kurban," pungkasnya.

Adapun terkait kepemilikan hewan ternak terutama sapi yang ada di Purwakarta, Dedi menuturkan untuk purwakarta bisa dikatakan belum banyak akan tetapi untuk domba surplus.

"Sapi belum sebanyak domba yang melebihi jumlah penduduk purwakarta,karena kan perlu keahlian tersendiri dalam mengembangkannya,"ujarnya.

Kepastian keamanan dan sehat pun langsung diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Purwakarta drh. Sri Wiryasturati menurutnya untuk hewan ternak yang masuk pasar ingon ciwareng ada tiga kali pemeriksaan.

"SOPnya tiga kali pemeriksaan di depan pintu gerbang, sebelum masuk komplek pasar dan pas dipasarnya kita lakukan langkah tersebut agar hewan ternak tersebut bebas dari penyakit," tuturnya.

Selain itu di luar pasar yang menjual hewan ternak, Sri menuturkan bahwa petugas mobile sejak awal bulan agustus sudah rutin memeriksa.

"Petugas mobile sudah kita siapkan bahkan terus memeriksa bahkan setiap harinya kita pantau," pungkasnya.

Untuk konsumsi hewan kurban untuk Kabupaten Purwakarta berada dikisaran; 6000 ekor untuk ternak domba, 1200 ekor sapi dan sekitar 30 ekor kerbau. Sedangkan untuk pemeriksaan hingga hari ini Senin (28/8) sudah 3000 ekor domba dinyatakan sehat dan 1200 ekor sapi.

Bahkan Dinas Peternakan pun terus berkomunikasi dengan dinas di daerah yang menyuplai sapi untuk purwakarta.

"Ya pasti bertambah karena kan banyak yang baru datang tetapi kita terus lakukan upaya menjamin hewan ternak di Purwakarta bebas dari penyakit, termasuk kita terus berkomunikasi dengan dinas peternakan di Jateng dan Lampung sebagai penyuplai," ujarnya

Apps Bisnis.com available on: