Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Kekeringan Di Jabar Mulai Merembet Ke Sukabumi Selatan

Wisnu Wage Selasa, 22/08/2017 10:42 WIB
Kekeringan di Jabar Mulai Merembet Ke Sukabumi Selatan
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Pemprov Jawa Barat memastikan ancaman kekeringan mulai meluas ke sejumlah daerah di Jabar selatan.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DPSDA) Jabar Nana Nasuha mengatakan selain daerah yang didata Dinas Pertanian, kekeringan juga mulai menjalar di wilayah Jabar selatan khususnya Sukabumi. 

“Pantauan kami sejumlah daerah sudah kekeringan. Ini terjadi pada musim tanam III, ketersediaan air sangat minim,” katanya di Bandung, Selasa (22/8/2017).

Menurutnya fakta di lapangan, meski ketersediaan air minim namun masih banyak petani yang menanam padi. Padahal pihaknya sudah memberikan informasi sejak jauh-jauh hari mengabarkan hal ini. 

“Kami sudah memberikan informasi soal ketersediaan air, tapi kami tetap melakukan upaya salah satunya memanfaatkan air di saluran drainase,” paparnya.

Sebelumnya, lahan pertanian di Jawa Barat yang terdampak kekeringan terus meluas dimana saat ini sudah lebih dari 1.242 hektar yang terkena dampak.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar Hendy Jatnika mengatakan jumlah ini terus bertambah dari  akhir Juli yang mencapai 364 hektar di  wilayah Indramayu, Purwakarta dan Cirebon. "Area persawahan yang terkena dampak kekeringan itu bertambah sekitar 1.242 hektare," katanya

 

Apps Bisnis.com available on: