Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Efek Samping Terhadap Badan Yang Bertato

Ihya Ulum Aldin Senin, 14/08/2017 09:23 WIB
Efek Samping Terhadap Badan yang Bertato
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Sebagian besar orang di Indonesia akan menganggap tato sebagai status sosial, di mana stigma orang bertato dimiliki preman.

Tapi, tidak sedikit pula yang menganggap tato sebagai sebuah karya seni. Sebagian kecil lainnya malah menganggap tato merupakan sebuah ritual suci.

Sebelum menato badan, ada beberapa hal perlu dipertimbangkan soal kesehatan badan setelah kita menato badan. Hal ini seperti dilansir oleh Ney York Post soal penelitian tentang efek samping dari sebuah tato.

Ahli dari Amerika Serikat mengatakan bahwa tato membuat sirkulasi keringat akan terganggu. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang bertato akan menghasilkan keringat lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak bertato.

Salah satu fungsi keringat adalah untuk mengatur suhu tubuh seseorang. Keringat sendiri, mayoritas mengandung sodium. Sedangkan orang yang bertato, mengandung sodium hampir dua kali lebih banyak dalam keringatnya.

Jika Anda kehilangan banyak sodium daripada biasanya, Anda cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dan sering menderita kram. Hal ini dapat mengganggu saat Anda berolahraga.

Jadi, tidak mengeluarkan keringat secara cukup, memiliki konsekuensi berbahaya. Suhu tubuh Anda akan mengalami panas dan mungkin dapat menyebabkan demam tinggi karena mekanisme pengaturan suhu tubuh terganggu. Hal ini bisa menyebabkan kematian dalam kasusu yang ekstrim.

Peneliti dari Perguruan Tinggu Alma di Michigan, mencoba meneliti 10 pria sehat dengan tato di satu sisi tubuh, bagian atas tubuh mereka, untuk mengetahui perbedaan keringat antara kulit yang tertutup tato dengan kulit yang tidak.

Mereka menggunakan patch yang menyebabkan mereka berkeringat. Setelah mereka berkeringat, peneliti mengganti dengan patch lain yang bisa menyerap keringat untuk dapat meneliti keringat yang keluar.

Para peneliti ini benar-benar mendapati keringat pada kulit yang mendapat tinta permanen tato, lebih sedikit. Saat Anda ditato, jarum kecil yang diisi dengan pewarna menembus epidermis, lapisan luar kulit, hingga 3.000 kali dalam waktu satu menit.

Apps Bisnis.com available on: