Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 Oktober 2017

PDAM Minta Maaf, Layanan 22.000 Pelanggan Terganggu

Hedi Ardia Minggu, 13/08/2017 10:35 WIB
PDAM Minta Maaf, Layanan 22.000 Pelanggan Terganggu
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, SOREANG - PDAM Tirta Raharja Kab Bandung mengakui saat ini pelayanan air untuk pelanggannya di lima kecamatan mengalami gangguan akibat sumber air dari limpahan PLTA Cikalong di Pangalengan berkurang drastis. Pasalnya, anak perusahaan PT PLN itu tengah melakukan pemeliharaan dengan menampung air di tandon milik mereka sendiri.

Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriadi menjelaskan, dalam kondisi normal, PLTA itu membuang air yang diolah PDAM sebagai air baku lima hingga tujuh kali dalam sehari, saat ini hanya dua kali sehari. Dampaknya, pelanggan di Soreang, Banjaran, Cangkuang,  Pameungpeuk dan Katapang yang mencapai 22.000 terganggu.

"Karena PLTA Cikalong melakukan pemeliharaan dan pengaturan teknis dengan mengisi tandon atau tempat penampungan air sebanyak-banyaknya," katanya, kepada wartawan, Minggu (13/8/2017).

Menurutnya, pelayanan tak maksimal terhadap pelanggannya ini terjadi sejak Rabu (9/8) dini hari. Persoalan kian rumit lantaran sumber air mereka juga dari Situ Cileunca Pangalengan pun debit airnya saat ini juga telah menyusut drastis.

Untuk sementara, pelayanan pelanggannya yang ada di Banjaran dan Pameungpeuk, pihaknya mengandalkan tempat pengolahan air bersih miliknya yang berada di Cikoneng Ciparay. Sehingga pelayanan di dua kecamatan ini tidak ada persoalan berarti. Sedangkan untuk pelayanan di Kecamatan Soreang, Cangkuang dan Katapang belum normal kembali.

"Sehingga kepada para pelanggan di tiga kecamatan ini kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan tetap bersabar,"ujarnya.

Agar bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelangganya di tiga kecamatan tersebut, PDAM melakukan droping air bersih dengan mobil tangki. Pelayanan mobol tangki ini telah berjalan sejak kemarin. Dan akan terus dilakukan hingga suplai air bersih dari Cikalong kembal normal.

"Untuk pelanggan yang membutuhkan pelayanan silahkan saja menghubungi kantor cabang PDAM Tirta Raharja Soreang. Nanti petugas kami akan mengirim air bersih pakai tangki,"ujarnya.

Dadang mengaku belum mendapatkan kabar pasti mengenai batas waktu pemeliharaan turbin dengan mengumpulkan air sebanyak-banyaknya yang dilakukan oleh PLTA Cikalong ini. Pasalnya, apabila mengacu pada kebiasaan, pemeliharaan dilakukan diakhir musim kemarau.

"Semoga saja tidak berkepanjangan. Soalnya saya juga heran biasanya PLTA Cikalong melakukan pemeliharaan diakhir musim kemarau, kalau sekarang diawal kemarau. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidak nyamanan ini dan pelanggan tetap bersabar,"paparnya.

Apps Bisnis.com available on: