Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Menpora : Paskibraka Siap 90%

Hedi Ardia Minggu, 13/08/2017 10:05 WIB
Menpora : Paskibraka Siap 90%
Imam Nahrawi
antara

Bisnis.com, SOREANG - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan kesiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2017 untuk menyukseskan upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-72 sudah mencapai 90%.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, saat ini personel Paskibraka 2017 sudah mulai berlatih di Istana Negara agar beradaptasi dengan medan yang akan menjadi tempat ucapara sakral bagi bangsa Indonesia.

"Mulai kemarin Paskibraka sudah mulai berlatih di istana negara," kata kepada wartawan di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (12/8/2017).

Menurut politisi PKB ini, pematangan personil tinggal 10% lagi. Itupun bisa dilihat pada pelaksanaan nanti tanggal 17 Agustus yang merupakan hasil pelatihan selama setengah bulan lebih.

Lebih lanjut dia menyatakan, saat ini seluruh personil yang berjumlah 68 orang perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia belum mengetahui tugasnya masing-masing terutama untuk pembawa baki dan pemimpin upacara.

"Siapa yang akan membawa baki itu baru akan ditentukan pada 17 Agustus dan itu hasil penilaian yang objektif dari pelatih, pembina dan senior Paskibrak yang melatih dan membina mereka," ucapnya.

Jumlah personel sebanyak 68 orang itu merupakan representasi dari setiap provinsi yang diwakili dua orang calon anggota Paskibrak Nasional 2017 putra dan putri. Itu artinya, dua peserta dari setiap provinsi itu merupakan putra-putri terbaik dari masing-masing provinsi.

Penyeleksaian dua orang ini dilakukan oleh pemerintah provinsi dari tahun sebelumnya sebanyak empat orang terdiri dari dua putra dan putri yang selama seminggu dilatih oleh Kemenpora dan dua orang dikembalikan ke provinsi.

"Sekarang tidak, yang dikirim ke nasional itu betul-betul hasil sleksi dari pemerintah provinsi," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: