Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

356 Aset Pemda Belum Tersertifikasi

Hedi Ardia Sabtu, 12/08/2017 14:59 WIB

Bisnis.com, BANDUNG - Sekalipun Kota Cimahi telah menyandang sebagai kota otonom sejak 16 tahun silam, hingga kini masih ada 356 aset Pemerintah Kota Cimahi yang belum disertifikatkan sehingga rawan diserobot oleh oknum.

Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Rony Rodjani mengatakan, masih banyaknya aset yang belum dilengkapi dengan dokumen sebagai bukti kepemilikan yang syah secara hukum itu lantaran ada sejumlah persoalan yang mesti dikoordinasikan dengan kabupaten induk.

"Kami sudah melakukan penelusuran semua aset dari Kabupaten Bandung dan tidak mendapatkan apa yang kami inginkan," katanya, kepada wartawan, kemarin sore (11/8/2017).

Rony menyebutkan, hingga saat ini ada 584 aset yang harus disertifikatkan. Tapi yang sudah dituntaskan baru 228 aset, sementara yang belum tersertifikatkan yakni sebanyak 356.

Pada tahun ini, pihaknya menargetkan 10 aset tersertifikasi diantaranya jalan jalan, tanah serta fasilitas sosial dan fasilitas umum lainnya.

Rencananya, untuk sertifikasi aset itu, pihaknya akan menggabungkan beberapa aset untuk dijadikan satu sertifikat. Ia mencontohkan ada beberapa aset tanah tapi terdapat di satu lokasi, maka aset tersebut kemungkinan sertifikat hanya dibuatkan satu.

"Pada tahun kemarin aset yang disertifikatkan BPKAD Cimahi ada 217 dari total aset yang ada," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: