Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Ini 2 Strategi KBB Kurangi Pengangguran

Hedi Ardia Sabtu, 12/08/2017 11:47 WIB

Bisnis.com, NGAMPRAH - Pemkab Bandung Barat akan menjadikan bursa kerja dan peningkatan keterampilan sebagai strategi utama mengurangi pengangguran di wilayahnya sebanyak 49.227 orang dari jumlah penduduk sekitar 1.636.318 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin mengatakan, dua hari sebelumnya, pihaknya telah menggelar bursa kerja bertujuan untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan perusahaan.

"Agar pencari kerja bisa memilih langsung sesuai dengan bakat,minat dan keterampilan yang dimilikinya," katanya, saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/8/2017).

Menurutnya, pada acara tersebut pihaknya bekerja sama dengan 50 perusahaan se-Bandung Raya untuk yang menyediakan lowongan sebanyak 6.000 orang. Selain itu, pihaknya pun akan meningkatkan skill para para pencari kerja.

Hanya, untuk meningkatkan keterampilan tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Pasalnya, gedung Balai Latihan Kerja KBB perlu direhab agar lebih representatif digunanakan untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil.

Saat ini, pembanguann gedung Balai Latihan Kerja KBB sudah memasuki tahap detail engineering design. Rencannya, bangunan terdiri atas empat lantai. Selain ruang pelatihan, gedung itu juga akan dilengkapi dengan tempat penginapan bagi para peserta pelatihan kerja.

Pelatihan yang akan diberikan nantinya disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja di daerah. Di antaranya, di bidang pertanian, perhotelan, peternakan, dan industri.

"Pelatihan-pelatihan seperti ini memang dibutuhkan di KBB, sesuai dengan potensi daerah," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: