Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Museum Di China Klaim Miliki Serangga Terbesar Dunia

Ilham Budhiman Sabtu, 12/08/2017 10:31 WIB
Museum di China Klaim Miliki Serangga Terbesar Dunia
Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG -- Sebuah museum di China mengklaim telah memiliki serta membiakkan serangga terbesar di dunia. Serangga tersebut berukuran dengan panjang 64cm dan telah mengalahkan rekor induknya yakni 62,4 cm.

Dilansir Daily Mail, serangga tersebut sebelumnya ditemukan oleh ahli entomologi China Zhao Li (46) saat melakukan inspeksi lapangan pada tengah malam di sebuah hutan di Provinsi Guangxi pada 2014 lalu.

Lantas, Zhao yang merupakan kurator Museum Serangga China Barat menamakan spesies tersebut Phryganistria Chinensis Zhao yang artinya serangga tongkat raksasa China. Pada saat itu serangga tersebut dinobatkan sebagai serangga terbesar di dunia.

Pada Desember 2016, salah satu dari 6 telur yang menetas memegang rekor baru. Jika diukur dari kepala sampai bagian ujung perut, serangga raksasa ini berukuran 38,2 centimeter. Sedangkan jika diukur dari ujung kaki depan sampai kaki belakang, berukuran 64 centimeter dan mengalahkan ukuran induknya sendiri.

Zhao mengatakan, serangga berusia delapan bulan ini tidak hanya terpanjang, tetapi juga serangga terbesar di dunia. Menurut standar internasional, ukuran serangga bisa dihitung dengan panjang atau rentang sayapnya.

"Serangga itu terlihat begitu besar, sangat beruntung saya bisa menemukannya. Dengan menemukan spesies ini, saya merasakan kemegahan sejati. Keberadaan mereka mengingatkan saya bahwa banyak spesies telah punah, dan masih banyak serangga indah di planet ini," kata Zhao.

Karena ukurannya yang sangat besar, spesimen hidup ini dijaga di kandang setinggi lebih dari satu meter, dan masing-masing kandang hanya berisi tiga serangga.

Sebelumnya, serangga terpanjang di dunia ditemukan di Malaysia pada tahun 2008 dengan panjang 56,7 cm. Sekarang serangga itu dipajang di Natural History Museum London.

Apps Bisnis.com available on: