Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 23 Oktober 2017

Emral Abus Berpeluang Jadi Pelatih Persib?

Ilham Budhiman Jum'at, 11/08/2017 20:05 WIB
Emral Abus Berpeluang Jadi Pelatih Persib?
Persib Bandung
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG -- Manajemen Persib nampaknya masih merahasiakan nama pelatih pengganti Djajang Nurdjaman untuk mendampingi para pemain pada putaran dua Go-Jek Traveloka Liga 1. Namun, bocoran yang diungkap pelatih sementara Persib, Herrie Setyawan, seolah memberikan sinyal bahwa pelatih baru itu adalah Emral Abus.

Sebelumnya, Herrie Setyawan mengatakan bahwa pelatih baru Persib mengarah kepada pelatih lokal. Selain itu, pelatih baru tersebut pernah menangani Persib Bandung dan tidak asing lagi bagi Pangeran Biru.

Ada nama-nama yang tercatat bahwa pelatih lokal yang pernah menangani Persib antara lain Jaya Hartono, Indra Thohir, Nandar Iskandar, Deny Syamsudin, Suryamin, Daniel Roekito, Emral Abus, dan Robby Darwis.

Namun, bila dilihat dari lisensi kepelatihan, nampaknya nama Emral Abus, Daniel Roekito, Deny Syamsudin dan Jaya Hartono lah yang bisa menangani Persib selanjutnya. Sebab yang lainnya masih belum mengantongi lisensi A AFC sebagai syarat mutlak untuk menangani kompetisi LIga 1.

Lantas, dari keempat nama tersebut, siapa yang berpotensi melatih Persib? Meski keempat nama itu memiliki peluang, namun nama Emral Abus seakan menjadi pilihan. Sebab, Daniel Roekito, Deny Syamsudin dan Jaya Hartono saat ini masih melatih di klubnya masing-masing.

Mengacu dari berbagai sumber, Emral Abus adalah pelatih kelahiran Sumatera Barat. Pria berusia 58 tahun itu saat ini bertugas sebagai instruktur AFC di Indonesia. Emral Abus pernah menangani Persib saat dia diintruksikan untuk mendampingi tim di Piala AFC 2015 lalu.

Waktu itu, Persib mau tidak mau harus didampingi pelatih berlisensi A AFC sebab saat itu Djajang Nurdjaman masih mengantongi lisensi B AFC. Lalu, apakah Emral Abus termasuk menjadi pilihan manajemen Persib dan berpeluang melatih Maung Bandung?

Sebenarnya Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Zaenuri Hasyim mengatakan pada beberapa waktu lalu bahwa pelatih baru Persib akan menangani Maung Bandung saat bertandang ke Malang pada Sabtu (12/8) besok.

Apalagi, dia mengatakan jika semakin cepat pelatih baru itu datang maka semakin bagus, terlebih PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi memberikan batas toleransi kepada Persib untuk mencari pelatih hingga awal September 2017.

Meski teka-teki siapa pelatih baru Persib hingga kini masih patut dipertanyakan. Namun bila merujuk kepada perkataan Herrie Setyawan, apakah Emral Abus merupakan calon pelatih Persib selanjutnya? Kita tunggu saja.

Apps Bisnis.com available on: