Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 19 Oktober 2017

5 Pemain Muda Liga Inggris Yang Potensial

Ihya Ulum Aldin Jum'at, 11/08/2017 17:23 WIB
5 Pemain Muda Liga Inggris yang Potensial
Gabriel Jesus
The Sun

Bisnis.com, INGGRIS - Liga Primer Inggris (EPL) akan dimulai pada Jumat (11/8) waktu setempat atau Sabtu (12/8) pukul 01.45 WIB yang mempertemukan tuan rumah Arsenal melawan juara EPL dua musim lalu, Leicester City.

AFP Sport, yang dilansir The Score, menyoroti lima pemain muda yang mungkin kan bersinar di EPL musim ini. Siapa saja mereka?

1. Gabriel Jesus (Manchester City)

Meski Januari lalu dirinya baru melakukan debut bersama City setelah diboyong dari Palmeiras pertengahan musim lalu, Jesus sudah melesakan tujuh gol dan memberi empat assists dalam 10 penampilannya di EPL.

Catatan ciamik tersebut membuat pelatih City, Pep Guardiola terkesan dan lebih memilih penyerang asal Brazil itu dari pada ikon City asal Argentina, Sergio Aguero.

Gabriel Jesus yang baru berusia 20 tahun ini sempat mengalami cedera metatarsal pada Juni lalu saat dirinya membela Brazil yang ditekuk Argentina satu gol tanpa balas di pertandingan persahabatan. Namun, kabar baik bahwa dirinya kini sudah pulih.

"Saya selalu berlatih, bermain atau bahkan bermain video game, ada yang berhubungan dengan sepak bola. Saya telah melihat bahwa Pep Guardiola menjalani sepak bola 24 jam sehari," ujar Jesus.

2. Tammy Abraham (Swansea City)

Setelah menandatangani kontrak lima tahun untuk Chelsea, striker timnas U-21 Inggris tersebut dipinjamkan ke Swansea untuk mendapatkan pengalaman di Liga Primer.

Pemain berusia 20 tahun itu tampak siap menghadapi tantangan tersebut setelah mencetak 26 gol saat dipinjamkan ke klub Championship, Bristol City musim lalu.

Untuk mendaratkan Abraham, pelatih Swansea, Paul Clement harus berjuang melawan beberapa tim papan atas lainnya. Clement berharap Abraham bisa tampil apik karena anak muda tersebut punya target untuk membuktikan kepada Chelsea bahwa dia memiliki kemampuan.

"Dia adalah pencetak gol dan itulah mengapa saya bekerja keras untuk mendapatkannya. Saya yakin dia bisa melakukannya dengan baik di Liga Primer Inggris," kata Clement.

3. Ademola Lookman (Everton)

Didatangkan dari Charlton Athletic delapan bulan lalu dengan mahar £11 juta atau sekitar Rp190 juta, pemain sayap berusia 19 tahun itu dengan cepat membuat Everton terkesima. Dirinya memperlihatkan permainan yang bagus selama 8 penampilannya di EPL.

Lookman mencetak gol pada debutnya di injury time saat Everton membantai Manchester City empat tanpa balas di Goodison Park, Januari lalu. Manajer Everton, Ronald Koeman, yakin Lookman bisa membuat perbedaan bagi timnya tahun ini.

Mewakili Inggris di Piala Dunia U-20 merupakan pertanda kemunculan Lookman sebagai pemain yang potensial.

"Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk mencetak gol melawan Manchester City. Saya tidak bisa benar-benar menggambarkannya. Tapi, saya harus menendang saat itu. Saya ingin memiliki lebih banyak momen seperti itu dalam karir saya," kata Lookman.

4. Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

Bek kanan berusia 18 tahun ini membuat debut bersama Liverpool pada Oktober tahun lalu dan menunjukkan kematangan dalam permainnya. Pengamat sepak bola percaya bahwa dia bisa membuat bek kanan, Nathaniel Clyne, tergusur.

Alexander-Arnold menunjukkan dia bisa membungkam bintang Bayern Munchen, Franck Ribery, saat pertandingan persahabatan awal Agustus lalu saat timnya mempermalukan jawara Bundes Liga dengan tiga gol tanpa balas.

Dengan Clyne yang akan absen pada awal musim ini karena cedera, Alexander-Arnold memiliki kesempatan untuk meyakinkan bos The Reds, Jurgen Klopp untuk memilihnya sebagai pemain inti.

"Anda hanya berharap mendapat kesempatan, jika saya diberitahu bahwa saya bermain melawan Watford (pada hari Sabtu waktu setempat), saya akan melihat kesempatan itu," kata Alexander-Arnold.

5. Demarai Gray (Leicester City)

Musim lalu, Gray memang hanya tampil sembilan kali di ajang EPL. Hal ini memicu pembicaraan tentang pidah ke Tottenham Hotspur saat dirinya ingin mnembus tim reguler.

Tapi, dengan pemain sayap Aljazair, Riyad Mahrez, yang dikabarkan ingin meninggalkan Leicester, mungkin ada kesempatan mendapatkan tempat reguler untuk pemain berusia 21 tahun di tim Craig Shakespeare dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan dia bisa mendapatkan lebih banyak waktu bermain, dia adalah pemain dengan potensi besar yang berada di sini sangat tinggi di antara staf pelatih dan pemainnya sendiri," kata Shakespeare setelah terkesan dengan penampila Gray saat membela Inggris di Kejuaraan U-21 Eropa musim panas ini.

Apps Bisnis.com available on: