Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 23 Agustus 2017

Masyarakat Harus Nikmati Pertumbuhan Ekonomi Akibat Tol

Hedi Ardia Jum'at, 11/08/2017 17:33 WIB
Masyarakat Harus Nikmati Pertumbuhan Ekonomi Akibat Tol
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, NGAMPRAH - Guna menyambut akan segera tuntasnya proyek jalan Tol Soroja, Pemkab Bandung memandang perlu adanya peningkatan keterampilan dan jiwa entrepreneurship. Diharapkan, penduduk lokal tidak menjadi penonton dari pesatnya pertumbuhan ekonomi.

Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung, Marlan mengatakan, untuk menunjang perekonomian masyrakat, pihaknya telah melakukan koordinasi melalui dinas-dinasnya dengan menyiapkan infrastrutkur penunjang tol sepanjang 10,55 KM itu akan diuji kelaikannya pada akhir Oktober mendatang.

"Berbagai infrastruktur dan pembekalan kepada masyarakat sudah siap, kita juga melakukan kajian seberapa besar manfaat Tol Soroja bagi pengembangan ekonomi masyarakat," kata Marlan kepada wartawan di Soreang, Jumat (11/8/2017).

Menurutnya, sesuai dengan visi Bupati Bandung Dadang M Naser keberadaan Tol Soroja harus diintegrasikan dengan program 1.000 Kampung. Untuk itu, pihaknya memandang perlu kerjasama dengan Kementerian Desa untuk program tersebut.

Tak hanya itu, Pemkab Bandung tengah menginisiasi adanya fish market untuk budidaya perikanan. Program itu perlu adanya dukungan dari Dirjen Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Terkait wacana pembangunan Grand Soreang yang rencananya akan dibangun setelah Tol Soroja rampung, Marlan belum mengetahui secara rinci. Yang pasti, nantinya akan ada BAZ Center untuk untuk pengembangan UMKM-nya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, meninjau pengerjaan Tol yang menghubungkan Kabupaten Bandung melalui Soreang ke Pasirkoja di Kota Bandung yang progresnya dianggap telah mencapai 80%.

Apps Bisnis.com available on: