Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Agustus 2017

5 Langkah Agar Destinasi MICE Di Bandung Berjalan Maksimal

Ilham Budhiman Jum'at, 11/08/2017 15:40 WIB
5 Langkah Agar Destinasi MICE di Bandung Berjalan Maksimal

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan (Disbudpar) Kota Bandung memiliki kiat agar Kota Bandung menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Kota Bandung sendiri menurut catatan ICCA (International Congress and Convention Association) berada di urutan keempat dalam tujuan destinasi MICE setelah Bali, Jakarta, dan Jogjakarta. Data itu diambil dari ICCA Statistic Report 2016.

Kepala Disbudpar Kota Bandung Kenny Dwi Kaniasari mengatakan, untuk menjadikan Kota Bandung menjadi pilihan pertama dalam destinasi MICE. Pihaknya memiliki setidaknya 5 langkah yang akan diupayakan. Apa saja?

"Pertama Disbudpar berkolaborasi dengan stakeholder terkait dengan industri MICE menyelenggarakan kegiatan Bandung MICE Forum. Hal itu dalam rangka akselerasi pengembangan industri MICE di Bandung," kata Kenny kepada Bisnis, Jum'at (11/8).

kedua, menurut Kenny, pihaknya juga akan merencanakan B2B (Business to Business) di mana Disbudpar akan berperan sebagai fasilitator. "Rencana tersebut akan dilaksanan akhir tahun ini. Dan diharapkan akan menjadi kegiatan rutin," kata Kenny.

Langkah ketiga, lanjut Kenny, pihaknya masih tetap menyelenggrakan forum kegiatan MICE namun dalam skala internasional. "Disbudpar juga berencana membuat agenda kegiatan namun dalam skala internasional yakni Internacional MICE Forum," ujarnya.

Untuk langkah yang keempat, ujar dia, pihaknya akan membuat program capacity building industri MICE di Kota Bandung. "Upaya ini agar industri MICE di Bandung akan maksimal," katanya.

Dan langkah yang terakhir, pihaknya akan menerbitkan jurnal secara rutin. "Penerbitan jurnal rutin ini untuk menginformasikan perkembangan industri MICE Kota Bandung. Dan tentu saja bekerjasama dengan asosiasi terkait," kata Kenny.

Dia berharap, 5 langkah tersebut bisa mendorong sektor ekonomi daerah Kota Bandung. Sebab, menurut dia, industri MICE bisa mendatangkan berbagai wisawatan ke Kota 'kembang' Bandung ini. Dia juga berharap mendapat dukungan dari pelbagai pihak terutama dari sektor perhotelan.

Apps Bisnis.com available on: