Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 23 Agustus 2017

Dengan Mata Tertutup, Remaja Ini Dapat Melihat Dengan Pikirannya

Ihya Ulum Aldin Jum'at, 11/08/2017 10:55 WIB
Dengan Mata Tertutup, Remaja Ini dapat Melihat dengan Pikirannya
Jeet Trivedi
Youtube: Meet Trivedi

Bisnis.com, INDIA - Bukti ilmiah menunjukkan bahwa ketika seseorang kehilangan penglihatan mereka, empat indra lainnya akan meningkat. Hal ini memungkinkan mereka lebih sadar akan lingkungan sekitar, bahkan jika mereka tidak dapat melihat lingkunganya.

Jeet Trivedi, remaja 17 tahun memang tidak buka. Tapi, dia mengklaim bahwa dia tidak memerlukan matanya untuk berkegiatan seperti mengemudi, membaca, atau bahkan melewati benang melalui jarum, lansir odditycentral.com.

Dirinya bisa melakukan hal tersebut tanpa melihat setelah melatih indranya yang lain ke tingkat super. Indra yang dilatihnya tersebut adalah mengaktifkan otak tengahnya. Dirinya mengasah kemampuan berpikir hingga mampu melihat tanpa mata.

Remaja tersebut menuai kontroversi di India. Beberapa orang mengangap dirinya seperti tokoh pahlawan Marvel, Daredevil, yang bisa melihat walaupun buta. Sedangkan sebagian lainnya menganggap Jeet Trivedi dan guru yang mengasah pikirannya, Bharat Patel, sebagai penipu yang berusaha menghasilkan uang dengan menggunakan trik tipuan.

Memang sulit untuk percaya bahwa seseorang bisa mengemudikan motor matic sepanjang 40 km, di jalur yang dianggap berbahaya, sambil ditutup matanya. Tapi, Jeet melakukan hal itu pada bulan September tahun lalu.

Bagaimana caranya?

"Dia memiliki kendali yang sangat baik atas inderanya. Jika kita menghalangi salah satu indranya, dia bisa melakukan tugas dengan menggunakan indera yang lain," kata Bharat Patel menjelaskan kepada Yeh Mera India, seperti dilansir oleh Odditycentral.com.

Dia menambahkan bahwa aktivasi otak tengah juga dikenal sebagai pengembangan sensor tubuh ke tingkat di atas rata-rata manusia normal. Hal ini memungkinkan pengembangan semua indra kita ke tingkat yang tak terbayangkan.

"Ini semacam pelatihan ilmiah yang melibatkan 'Brain Gym', yang diajarkan secara fisik. Tapi, terutama, tentang latihan audio yang merangsang pikiran menggunakan frekuensi yang datang melalui suara musik," tambah Bharat Patel.

Memang tidak masuk akal. Tapi, Jeet Trivedi rupanya bisa menguasai hal tersebut setelah berlatih selama beberapa tahun. Dia bisa mengendarai motor, membaca buku terbalik, juga menangkap benda yang dilemparkan ke arahnya. Semuanya dilakukannya dengan mata tertutup.

Tidak hanya itu, Jeet Trivedi juga mampu menemukan benda tersembunyi, memasukan benang melalui jarum, dan bermain catur dengan tiga orang secara bersamaan dan mengalahkan mereka semua. Sekali lagi, itu dilakukan dengan mata tertutup.

"Saya menggunakan kemampuan saya untuk mencium, untuk memvisualisasikan rintangan yang mendekat. Saya menghitung apa hambatannya dan apa yang akan membawa saya keluar dari situasi itu," ujar Jeet Trivedi saat ditanya soal kemampuan mengemudikan motor dengan mata tertutup.

Kemampuan Jeet ternyata tidak sebatas melihat dalam buta, dia juga bisa menyalurkan energi pikirannya ke dalam sebuah benda dan membuat benda itu berperilaku tidak normal.

Misalnya, Jeet Trivedi berfokus pada bola lampu biasa sebelum menjatuhkannya ke ubin. Alih-alih bohlam pecah, malah ubin tersebut yang pecah dan bohlam kaca tetap utuh.

Tapi yang paling mengejutkan adalah mengaktifkan otak bagian tengah ini bisa dilakukan oleh siapapun.

"Pelatihan yang saya berikan kepada Jeet, dapat diambil oleh anak-anak secara umum. Tapi, penting bagi mereka untuk bersabar, mereka harus ulet," ujar sang guru, Bharat Patel.

Apps Bisnis.com available on: