Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 23 Oktober 2017

Mengerikan! Orang Inggris Kuno Ternyata Kanibal

Ilham Budhiman Jum'at, 11/08/2017 08:15 WIB
Mengerikan! Orang Inggris Kuno Ternyata Kanibal
Metro.co.uk

Bisnis.com, BANDUNG -- Sebuah penelitian mengungkapkan, orang Inggris kuno ternyata melakukan praktik kanibalisme kepada temannya lalu membuat mangkuk dan ukiran dari tengkorak mayat temannya tersebut.

Dilansir Metro, menurut peneliti dari Natural History Museum London, temuan tulang manusia 15 ribu tahun di selatan Inggris itu menunjukkan bahwa praktik itu diidentifikasi pada zaman Paleolitik.

Menurut paleontolog Silvia Bello, tengkorak yang ditemukan di Gua Gough di Gorge Cheddar, Somerset, barat daya Inggris tersebut , bersih dari sisa jaringan lunak tubuh, dipotong tulang dasar dan wajahnya serta bagian tepinya yang kasar dihaluskan untuk membuat cangkir tengkorak atau mangkuk.

"Ini adalah proses yang dilakukan dengan sangat teliti, mengingat alat-alat yang mereka miliki saat itu. Proses pembuatan alat ini sangat melelahkan,” kata Bello.

Studi yang diterbitkan di jurnal Public Library of Science PLoS ONE ini, menjelaskan bahwa gelas maupun mangkuk tengkorak itu digunakan untuk tujuan ritual. Namun, Bello belum bisa memastikan secara gamblang.

Selain itu, terdapat ukiran zig-zag pada tulang-tulang yang menandakan bahwa ukiran tersebut adalah cara memperingati 'kisah' kehidupan mayat tersebut atau cara mereka meninggal.

Bello menyebut motif ukiran itu serupa dengan ukiran yang ditemukan di situs arkeologi Eropa lainnya. "Ini adalah komponen tujuan dari praktik kanibalistik, kaya akan konotasi simbolis." ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: