Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 Oktober 2017

Kehidupan Sosial Yang Buruk Bisa Sebabkan Kematian

Ihya Ulum Aldin Kamis, 10/08/2017 14:20 WIB
Kehidupan Sosial yang Buruk Bisa Sebabkan Kematian
Ilustrasi
Alamy

Bisnis.com, BANDUNG - Pengamat di Amerika Serikat mengamati 218 penelitian tentang efek kesehatan dari kesepian dan isolasi sosial. Hasilnya, kesepian lebih mematikan daripada obesitas dan harus dianggap sebagai risiko kesehatan masyarakat. 

Pengamatan tersebut mencatat orang-orang yang buruk dalam kehidupan sosial meningkatkan risiko kematian dini sebanyak 50% dibandingkan dengan mereka yang memiliki hubungan sosial yang baik. Mereka juga menemukan bahwa obesitas hanya meningkatkan risiko kematian 30%.

"Terhubung dengan orang lain secara sosial dianggap sebagai kebutuhan manusia yang mendasar, penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup," ujar profesor psikologi dari Universitas Brigham Young, dr. Julianne Holt-Lunstad, seperti dilansir New York Post.

Holt-Lunstad menambahkan bahwa anak-anak yang dihukum oleh keluarganya dan tidak memiliki hubungan sosial dengan orang lain akan gagal berkembang dan sering meninggal. Isolasi sosial ini memang banyak digunakan sebagai bentuk hukuman.

Merasa kesepian dianggap membuat orang merasa lebih buruk secara mental dan fisik. Sebuah penelitian mencatat bahwa orang dewasa yang hidup sendirian melaporkan gejala yang jauh lebih parah saat mereka sakit. 

Mereka yang kesepian, saat menderita sebuah penyakit, juga cenderung lebih susah sembuh daripada mereka yang memiliki hubungan sosial yang baik.

Sebuah studi oleh Universitas Rice, Texas, menemukan bahwa orang dewasa yang kesepian jauh lebih buruk saat menghadapi penyakit flu, dibandingkan mereka yang tidak kesepian.

Hal ini membuat para ahli menyarankan bahwa dokter umum harus mempertimbangkan keadaan sosial pasien saat merawatnya.

"Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan, dan besarnya risiko melebihi banyak indikator kesehatan terkemuka," Holt-Lunstad menambahkan.

Dia menyarankan agar penelitian dan sumber daya untuk mengatasi kesepian lebih diprioritaskan, seperti mengajarkan keterampilan sosial untuk anak-anak di sekolah.

Apps Bisnis.com available on: