Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

8 BUMN Dan Kodam Siliwangi Bangun Rumah Veteran

Kahfi Selasa, 08/08/2017 10:50 WIB
8 BUMN dan Kodam Siliwangi Bangun Rumah Veteran
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG- Delapan perusahaan pelat merah menandatangani nota kesepahaman bersama Kodam III/Siliwangi untuk  mendirikan rumah layak huni bagi keluarga veteran perang kemerdekaan.

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Muhammad Herindra mengungkapkan program pembangunan rumah veteran tersebut difokuskan bagi para veteran di wilayah Banten dan Jawa Barat. Total terdapat 725 unit rumah veteran yang akan direhabilitasi sebagai rumah layak huni.

“Kegiatan ini ditujukan bagi apresiasi para pejuang, bertepatann dengan HUT RI ke-72,” katanya, Selasa (8/8/2017).

Dia mengatakan upaya tersebut merupakan wujud pemerintah bagi para veteran yang telah berandil besar dalam perang kemerdekaan. “Ini apresiasi bagi mereka,” katanya.

Dalam pelaksanaan bedah rumah para veteran tersebut, Kodam III/Siliwangi mengerahkan seluruh jajaran di 23 Kodim wilayah Banten dan Jawa Barat. Para jajaran tingkat Kodim tersebut melakukan pendataan dan pelaksanaan bekerjasama dengan cabang dari 8 BUMN di masing-masing lokasi.

“Sedangkan untuk verifikasi dilakukan Kodam III/Siliwangi dengan mitra BUMN,” kata Herindra.

Total dana yang akan digunakan bagi program bedah rumah tersebut mencapai Rp29 miliar, rata-rata Rp40 juta per tiap unit rumah. Dalam pelaksanaan, tiap rumah lebih dulu dinilai kondisi fisik serta verifikasi data.

“Sehingga kebutuhan dana tiap unit rumah berbeda, sesuai kondisi,” katanya.

Delapan BUMN yang meneken nota kesepahaman tersebut yaitu PT Bank Mandiri Tbk., PT Bank BRI Tbk., Bank BNI Tbk., Bank Tabungan Negara Tbk., Telkom Indonesia, Pupuk Indonesia, PT Bio Farma, Pembangunan Perumahan Tbk., Pelabuhan Indonesia II, dan PT Pegadaian. Masing-masing BUMN menyumbang pembangunan unit rumah.

Regional CEO PT Bank Mandiri Tbk. Wilayah 6, Jawa I Iman Gunawan selaku perwakilan BUMN mengungkapkan kerjasama dengan Kodam Siliwangi tersebut merupakan wujud bakti perusahaan negara. “Kami BUMN mempunyai tugas juga untuk pengembangan masyarakat,” katanya.

Program pendirian rumah layak huni tahun ini merupakan yang kedua kali digulirkan. Pada tahun lalu, program tersebut belum terlalu massif.

 

 

Apps Bisnis.com available on: