Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Agustus 2017

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan Gigi

Ilham Budhiman Senin, 07/08/2017 08:23 WIB
Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Gigi
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG -- Baru-baru ini menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal ACS Applied Materials & Interfaces, senyawa yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu memperbaiki masalah sensitivitas gigi dan juga mencegah gigi berlubang.

Dilansir Boldsky, sensitivitas gigi adalah saat lapisan pelindung gigi hilang dan jaringan tulang yang disebut dentin terpapar. Jadi saat Anda makan atau minum yang terlalu panas atau dingin, maka akan menyebabkan rasa sakit.

Sebagai bagian dari studi, para peneliti Cui Huang dari Universitas Wuhan di China dan tim tersebut telah menggunakan nanohidroksiapatit dan EGCG,  yang membantu melawan streptococcus mutans, membentuk biofilm yang menyebabkan rongga pada gigi.

Bahan-bahan itu kemudian dikombinasikan dengan mineral silika nanopartikel yang diketahui melindungi gigi dari endapan asam pada enamel dan mencegah keausan. Senyawa teh hijau juga berperan sebagai pengharum nafas alami.

Sementara itu, para periset juga menemukan bahwa katekin (seperti EGCG) pada teh hijau dapat menghentikan adhesi, bahan yang mengandung gula yang menyebabkan pembentukan plak. Bakterinya akan memberi makan pada asam penghasil plak yang mempercepat erosi permukaan gigi.

Dianjurkan untuk minum teh hijau secara rutin untuk kesehatan gigi. Namun, ada baiknya tanpa tambahan gula alias pahit. 

Apps Bisnis.com available on: