Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 23 Agustus 2017

Apa Sih Keistimewaan Geopark Ciletuh?

Wisnu Wage Senin, 07/08/2017 10:02 WIB
Apa Sih Keistimewaan Geopark Ciletuh?
Geopark Ciletuh
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG--Potensi apa yang dimiliki Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu hingga Pemprov Jabar optimis objek ini bisa menjadi Unesco Global Geopark?

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Ida Hernida mengatakan Geopark Ciletuh memiliki luas sekitar 126.000 hektare yang menghampar dari Ujung Genteng sampai Cisolok dan berbatasan langsung dengan Provinsi Banten.

Ia menyatakan selama sekitar sebulan kebelakang pihaknya melakukan pembenahan terhadap sejumlah aspek struktur, dan infrastruktur pendukung seperti panel-panel penerangan, pagar-pagar, pemasangan penunjuk jalan.

"Selanjutya secara alamiah, Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu memiliki bebatuan berkarakter yang terbentuk dari dua penggalan kerak bumi, yaitu lempeng samudera dan lembeng benua," katanya Senin (7/8/2017).

Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu juga memiliki pemandangan indah, yang terdiri dari air terjun, perbukitan, dan hutan.

"Untuk mendukung Geopark Ciletuh sebagai UNESCO Geopark, sebuah geopark juga harus memenuhi beberapa unsur yaitu geo-diversity (keragaman geologi), bio-diversity (keragaman biologi), dan culture diversity (keragaman budaya)," tutur Ida.

Apps Bisnis.com available on: