Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Pemprov Jabar Beri Waktu 2 Minggu Pemkab Bekasi Perbaiki RDPT

Wisnu Wage Kamis, 03/08/2017 10:03 WIB
Pemprov Jabar Beri Waktu 2 Minggu Pemkab Bekasi Perbaiki RDPT
Wagub Deddy Mizwar
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Pemkab Bekasi merevisi rincian detail tata ruang (RDTR) karena belum mengakomodir sejumlah proyek stategis nasional (PSN).

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan pihaknya memberi batas waktu pada Bekasi untuk memperbaiki ajuan RDTR yang akan dievaluasi Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Jabar.

“Kami minta rinciannya diperbaiki kembali, karena sejumlah proyek strategis belum masuk,” katanya, Rabu (2/8/2017).

Menurutnya sejumlah proyek yang belum masuk RDTR Bekasi rata-rata merupakan PSN antara lain Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Light Rapid Transit Jakarta-Bekasi hingga pemanfaatan Cikarang Bekasi Laut (CBL).

“Makanya kami tunda pembahasannya sampai mereka mengakomodir itu semua. Dua minggu bisa barangnya sudah ada, tapi belum mereka masukan,” tuturnya.

Pihak Pemkab Bekasi beralasan belum masuknya PSN dan proyek infrastruktur lainnya ke dalam RDTR karena minimnya komunikasi baik dari pusat maupun provinsi. Deddy menilai buruknya koordinasi juga menyebabkan proyek yang sudah berjalan di kawasan Bekasi seperti LRT meski belum masuk tata ruang.

“Itu sudah berjalan, jadi memang ada tumpang tindih informasi,” paparnya.

 

 

Apps Bisnis.com available on: