Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

PILGUB JABAR 2018

Ridwan Kamil Diminta Balik Kanan

Wisnu Wage Rabu, 02/08/2017 11:05 WIB
Ridwan Kamil Diminta Balik Kanan
Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG--Ridwan Kamil diminta berpikir ulang untuk maju di Pilgub Jabar setelah dukungan politik untuknya terbilang masih seret.

Guru Besar‎ Komunikasi Politik ‎Universitas Pendidikan Indonesia‎ Karim Suryadi mengatakan langkah Wali Kota Bandung tersebut menjadi kurang maksimal karena menghadapi persoalan.

"‎‎Sikap Ridwan Kamil yang tidak mau jadi anggota parpol membuat dia dijauhi. Parpol belajar dari pengalaman. Mendukung calon bukan kader seperti memelihara anak singa, jika chemistry tidak dapat kian lama dan besar calon yang diusung belum tentu masuk kandang," katanya, Rabu (2/8/2017).

Jika terus memaksakan diri sementara parpol di luar Nasdem masih belum memberikan peluang maka Karim menilai salah satu langkah paling realistis yang harus dilakukan Ridwan adalah kembali memimpin Kota Bandung untuk periode berikutnya.

"Pilihan Ridwan Kamil untuk kembali memimpin Kota Bandung lebih besar ketimbang maju dalam pilgub," ujarnya.

Menurutnya Ridwan Kamil tidak perlu malu jika kembali bertarung di Pilkada Kota Bandung. Pasalnya, mayoritas masyarakat Bandung cenderung mendukung jika dirinya kembali memimpin Kota Bandung.

"Masih ada celah untuk putar arah, sebab peluang hanya benar-benar tertutup ketika pendaftaran calon sudah berakhir," pungkasnya.

Apps Bisnis.com available on: