Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Ini Dia Solusi Atasi Kemacetan Di Tol Jakarta-Cikampek Versi Dishub Jabar

Wisnu Wage Selasa, 01/08/2017 15:18 WIB
Ini Dia Solusi Atasi Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Versi Dishub Jabar
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Perhubungan sudah menghasilkan solusi menngurangi dampak kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek.

Kadishub Jabar Deddy Taufik mengatakan dari hasil rapat pihaknya bersama sejumlah stakeholder, sejumlah rencana lahir guna meminimalisir dampak kemacetan yang makin akut baik jangka pendek dan jangka menengah. 

"Di antaranya yaitu merancang pengalihan moda transportasi dari transportasi darat ke transportasi kereta api, udara, dan laut," katanya di Bandung, Selasa (1/8/2017).

Turut disusun  pula rencana guna mengatur pergerakan angkutan orang dan barang, antara lain melalui manajemen rekayasa lalu lintas dan mengatur jam operasional angkutan barang, mendorong penggunaan transportasi publik. 

“Ada juga rencana mengatur tarif moda transportasi pengganti agar lebih kompetitif, menerapkan law enforcement untuk kendaraan yang tidak memenuhi aturan yang berlaku,” ujarnya.

Namun pihaknya mengaku rencana aksi tersebut belum tentu berjalan mengingat pelibatannya membutuhkan lintas sektor antara pusat dan daerah. Selain itu keterlibatan pengusaha di kawasan industri juga dipandang perlu.

“Maka perlu didorong untuk diterbitkannya regulasi di tingkat Pemerintah Pusat untuk mengatur dan memberi pedoman kepada seluruh stakeholder yang terlibat‎," ungkapnya.

Jalan Tol Cikampek, dengan lokasinya yang sangat strategis dan dikelilingi beberapa kawasan industri besar, menjadi alternatif pilihan utama untuk distribusi barang dan penumpang. Gangguan terhadap pergerakan transportasi menuju Jakarta dan sebaliknya, berimplikasi adanya gangguan terhadap dinamika perekonomian secara nasional.

"Diperlukan upaya antisipasi yang berkelanjutan untuk mempertahankan dan meningkatkan kelancaran pergerakan transportasi di wilayah dimaksud,"tegasnya.