Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 Oktober 2017

3 Cara Untuk Mengajarkan Anak Soal Uang

Ilham Budhiman Sabtu, 29/07/2017 10:15 WIB
3 Cara untuk Mengajarkan Anak soal Uang
Ilustrasi (web)

Bisnis.com, BANDUNG -- Banyak cara yang diajarkan orang tua soal uang kepada anak-anaknya. Mengajarkan uang kepada anak sangat penting karena anak bisa lebih paham untuk mengelola uangnya dengan baik sedari kecil.

Selain menabung, tentu ada cara lain agar anak anak-anak bisa pahan tentang hal itu. Sehingga tidak menutup kemungkinan anak Anda bisa lebih menghargai tentang uang.

Dilansir Business Insider, setidaknya ada tiga cara mengajari anak tentang uang. Berikut ketiga cara tersebut:

Merinci pengeluaran
Mintalah anak Anda merinci semua pengeluarannnya dalam seminggu, sehingga anak jadi tahu untuk apa saja uang yang sudah dia gunakan.

Dengan memahami cara mengeluarkan uang, anak bisa meningkatkan kemampuan menabung. Mereka pun bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Sisa uang yang didapat bisa disimpan ke tabungan. Sama dengan aturan pertama Warren Buffet tentang investasi, “ Investasikan kembali keuntungan yang didapatkan.”

Mintai saran

Pancing mereka dengan bertanya saran apa yang akan diberikan anak Anda kepada teman-temannya. Jawabannya pun bisa bervariasi, misalnya jangan terlalu boros beli makanan atau beli mainan di mall. Setelah mendapatkan jawabannya, Anda bisa menjelaskan lebih detail kepada anak-anak.

Berikan kesempatan menganalisis
Cobalah berikan kesempatan bagi mereka untuk menganalisis keputusan tentang uang. Tidak ada salahnya melibatkan anak untuk membuat keputusan tentang uang, misalnya dengan membeli barang baru.

Mintalah anak untuk meriset harga barang tersebut di internet dan menganalisis plus minus dari barang itu yang hendak dibeli dilihat dari harga. Dengan begitu, kemampuan pemahaman uang anak akan terlatih

Apps Bisnis.com available on: