Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 September 2017

Susi Pudjiastuti Dapat Gelar Wadonna Pinunjul Dari Masyarakat Adat Jabar

Newswire Rabu, 19/07/2017 14:15 WIB
Susi Pudjiastuti Dapat Gelar Wadonna Pinunjul dari Masyarakat Adat Jabar
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Rabu mendapat gelar kehormatan dari masyarakat adat Jawa Barat karena dinilai gigih berupaya melestarikan sumber daya laut di kawasan perairan nasional.

Ia mendapat gelar Wadonna Pinunjul, gelar untuk perempuan unggul dari Baresan Olot (Dewan Kasepuhan) Masyarakat Adat Jawa Barat.

"Mudah-mudahan amanah yang dititipkan Baresan Olot (Dewan Kasepuhan) Masyarakat Adat Jabar bisa dijaga sekuat tenaga oleh saya," kata Susi dalam acara penganugerahan gelar yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Menurut Duta Baresan Olot Masyarakat Adat Jabar Eka Santosa pengumuman pemberian gelar itu telah disampaikan tahun 2012, sebelum Susi menjadi menteri, namun karena satu dan lain hal baru bisa diberikan langsung tahun ini.

Eka menjelaskan bahwa Baresan Olot merupakan komunitas masyarakat tradisional Provinsi Jawa Barat yang menjaga kearifan lokal.

Pada acara penganugerahan gelar itu, Susi meminta maaf karena tidak sempat datang ke pesta adat Baresan Olot pada 2012.

"Bukan maksud saya untuk tidak menghargai atau melupakan, tetapi tuntutan pekerjaan tidak mungkin saya tinggalkan dan mendatangi Olot pada 2012," kata Susi, menambahkan bahwa dia "lahir di Tatar Sunda dan bagian dari Priangan".

Apps Bisnis.com available on: