Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Jabar Targetkan Kunjungan 1,5 Juta Wisman Sepanjang 2017

Wisnu Wage Selasa, 18/07/2017 11:48 WIB
Jabar Targetkan Kunjungan 1,5 Juta Wisman Sepanjang 2017
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat membidik target 1,5 Juta kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang 2017 ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida mengatakan guna meraih target tersebut saat ini pihaknya terus menggenjot sejumlah strategi promosi pariwisata Jawa Barat. Pertama menggelar promosi di sejumlah negara-negara di Asean. “Promosi di Asia Tenggara terutama Negara Asean digenjot,” katanya di Bandung, Senin (17/7).

Kedua, pihaknya menawarkan pelbagai paket pariwisata, seperti pariwisata alam dan kebudayaan. Hingga saat ini, sudah ada lima spot pariwisata yang tengah digenjot perkembangannya, yakni Cirebon, Bogor Raya, Bandung Raya, Pangandaran, dan Taman Nasional Geopark Ciletuh- Pelabuhan Ratu. “Paket wisatanya nanti akan dibuat oleh Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Selain itu pihaknya tengah melakukan penjajakan pada sejumlah maskapai penerbangan agar bisa menambah jadwal penerbangan ke Bandung. Penambahan slot penerbangan ini diyakini Ida bisa mendorong kunjungan wisman ke Jabar. “Karena dengan target wisman kita yang 1,5 juta, berarti minimal harus diatas 100 ribu/bulan, untuk 2017 target wisman itu 1,5 juta," ungkapnya.

Saat ini, wisman Negara Asean yang paling banyak berwisata ke Jabar masih di dominasi wisatawan asal Malaysia, Singapura, dan Thailand. Namun dengan promosi-promosi yang sedang dilakukan pihaknya  diharapkan dapat menarik minat wisman dari negara lainnya untuk datang ke Jabar. “Ada beberapa spot yang selalu didatangi wisman dari eropa diantaranya dari Belanda, Jerman, tapi tidak begitu besar,

Ida mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Barat tahun 2016 mencapai 1.754.715 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.067.271.  Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke objek wisata di Jawa Barat tahun 2016  sebesar 19.523.978 orang, meningkat 1.484.502 orang dari tahun sebelumnya.    

 

Apps Bisnis.com available on: