Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 26 Juli 2017

PKL Disarankan Buat Koperasi

Hedi Ardia Senin, 17/07/2017 16:06 WIB
PKL Disarankan Buat Koperasi
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, SOREANG - Para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kab Bandung disarankan untuk membuat koperasi dan organisasi paguyuban agar keinginan mereka mendapatkan pengakuan dan perlindungan dari pemerintah bisa tercapai.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Yayat Hidayat mengatakan, pihaknya baru menerima kunjungan dari perwakilan berbagai komunitas PKL yang selama ini berniaga di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Bahkan, mereka pun berniat mendirikan koperasi agar bisa meningkatkan kesejahteran anggotanya.

"Kami mendorong agar mereka itu bisa mengorganisir diri dalam satu wadah agar pemerintah mudah melakukan koordinasi. Kemudian agar mereka juga bisa dibina dan mendapatkan berbagai program bantuan dari pemerintah, kami mendorong agar mendirikan koperasi,"kata Yayat di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Soreang, Senin (17/7/2017).

Demi membantu para PKL mendapatkan kejelasan dalam menjalan roda usahanya, pihaknya telah mempertemukan mereka dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UMKM. Tak hanya itu, agar para PKL ini bisa tetap berdagang tanpa harus melakukan pelanggaran, dilibatkan juga Satpol PP.

Menurutnya, para PKL perlu memahami aturan main dalam berdagang sehingga dipandang perlu adanya pembinaan oleh Satpol PP terhadap mereka. Denga demikian, para PKL ini mengetahui rambu-rambu atau aturan yang tidak boleh dilanggar.

"Saya minta mereka untuk menginventarisir keberadaan anggotanya. Setelah itu dihubungkan ke Dinas Perindustrian Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM agar organisasi mereka itu memiliki badan hukum yang jelas, sekaligus mendirikan koperasi agar bisa mengkakses berbagai program bantuan dari pemerintah,"ucapnya.

Diyakininya, jumlah PKL di Kab Bandung saat ini mencapai ribuan orang. Diantaranya yang biasa berdagang di sekolah-sekolah, berdagang di pasar kaget (dadakan di hari Minggu), pedagang di pasar-pasar tradisional, pedagang diberbagai pusat keramaian dan lainnya.


Apps Bisnis.com available on: