Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 26 September 2017

Protes Hasil PPDB, Belasan Warga Digelandang Polres Cirebon Kota

Maman Abdurahman Senin, 17/07/2017 17:31 WIB
Protes Hasil PPDB, Belasan Warga Digelandang Polres Cirebon Kota
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON—Belasan warga yang mengaku kecewa dengan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Cirebon Jawa Barat terpaksa digelandang kepolisian dari Polres Cirebon Kota karena berbuat anarkis saat mengemukakan pendapat.

Herannya, belasan warga yang datang ke Kepala Balai Pelayanan dan Pengawas Pendidikan (BPPP) Wilayah V Jawa Barat di Kota Cirebon pada Senin 17 Juli 2017 itu bukan mewakili anak-anaknya yang tidak diterima masuk sekolah melainkan mengatasnamakan rakyat yang ingin ada transparansi soal PPDB.

Awalnya belasan warga hendak menyuarakan aspirasinya di depan SMAN 2 Kota Cirebon akan tetapi karena telah dijaga ketat oleh aparat kepolisian, masa menyuarakan aspirasinya di BPPP V Jabar dan memaksa bertemu dengan pimpinan kantor tersebut.

Emosi karena tidak bertemua dengan Kepala BPPP V Jabar, belasan warga menggeruduk kantor dan melakukan pengrusakan barang seperti meja tamu dan pintu ruangan Kepala BPPP V Jabar yang sedang tidak di kantor.

Aksi anarkis puluhan warga tersebut langsung dilaporkan perwakilan BPPP V Jabar ke Polres Cirebon Kota dan berujung penangkapan terhadap beberapa pelaku yang diduga terlibat dalam aksi anarkis tersebut.

“Hak tiap orang untuk menyampaikan aspirasi, akan tetapi jika dilakukan secara anarkis maka akan berhadapan dengan hukum,” kata Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Bachtiar.

Adi mengungkapkan pihaknya telah mengamankan sebanyak 15 orang dan masih berstatus terperiksa dan belum menentukan pasal apa yang dapat menjerat aksi anarkis tersebut. “Kami periksa dulu, setelah itu baru dijerat sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: