Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

PT Tirta Jabar Anggarkan Rp1,25 Miliar Untuk Persiapan SPAM Jatigede

Wisnu Wage Rabu, 12/07/2017 11:37 WIB
PT Tirta Jabar Anggarkan Rp1,25 Miliar Untuk Persiapan SPAM Jatigede
Jatigede
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--BUMD PT Tirta Jabar dipastikan akan terlibat dalam proyek SPAM Jatigede, Sumedang.

Direktur Utama PT Tirta Jabar Emryas Imsak Soeleiman mengaku pihaknya sudah menghitung rencana investasi untuk terlibat dalam proyek SPAM Jatigede. 

Menurutnya dari 2017-2018 nanti PT Tirta Jabar baru mempersiapkan dana Rp1,25 miliar. “Nanti penganggarannya kombinasi APBN, APBD dan pembiayaan dari Tirta Jabar dan investor,” tuturnya pada bisnis akhir pekan lalu.

Menurutnya anggaran sebesar ini dalam hitungan awalnya hanya untuk pembebasan lahan saja. Sementara anggaran besar sisanya akan dibiayai oleh APBN dan APBD yang meliputi jaringan distribusi utama sepanjang 200 kilometer, pipa intake. 

“Kami akan menjadi operatornya, SPAM ini bakal diresmikan Presiden Jokowi pada 2020,”  pungkasnya. 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunggu finalisasi pembagian porsi anggaran proyek sistem pengelolaan air minum (SPAM) Jatigede, Sumedang.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar Bambang Rianto mengatakan proyek SPAM Jatigede sudah disepakati akan mulai berproses pada 2017 ini setelah disetujui masuk proyek strategis nasional. “SPAM ini untuk melayani daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan,” katanya pada bisnis, Minggu (9/7).

Menurutnya Pusat sudah menghitung kebutuhan proyek SPAM yang melayani 4 daerah ini membutuhkan dana sekitar Rp2,8 triliun. Proyek ini dijadwalkan akan memulai proses pembangunan fisik pada 2018.

“Tahun ini sudah dimulai pengikatan perjanjian-perjanjian. Termasuk pembagian porsi anggaran,” ujarnya.

 

Apps Bisnis.com available on: