Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 26 Juli 2017

Lake District Inggris Ditetapkan Sebagai Situs Warisan Dunia

Newswire Senin, 10/07/2017 14:52 WIB
Lake District Inggris Ditetapkan Sebagai Situs Warisan Dunia
Pemandangan salah satu bagian dari Lake District atau Lakeland di Inggris
Wikimedia

Bisnis.com, WARSAWA - Organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan Lake District, daerah indah di Inggris yang memikat para penyair dan seniman mulai dari William Wordsworth hingga Beatrix Potter, sebagai situs Warisan Dunia pada Minggu (8/7).

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadakan pertemuan di Krakow akhir pekan ini memuji "estetika indah" daerah itu serta hubungannya dengan seni dan sastra Romantik.

"Keistimewaan Lake District terletak pada interaksi antara pengaruh sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan" menurut pernyataan UNESCO.

Daerah yang dianggap sebagai tempat lahir gerakan Romantisisme Inggris yang dipelopori oleh Wordsworth, Samuel Taylor Coleridge dan Robert Southey, itu menjadi Situs Warisan Dunia ke-31 Inggris.

Menteri Seni, Warisan dan Pariwisata Inggris John Glen mengatakan status baru tersebut akan meningkatkan reputasi Lake District di dunia dan membawa manfaat bagi warga setempat.

"Ini bagian unik dunia yang memadukan masyarakat pertanian yang dinamis dengan ribuan situs dan struktur arkeologi yang memberi kita gambaran menakjubkan tentang masa lalu kita," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikutip kantor berita AFP.

Komite warisan UNESCO mempertimbangkan 33 situs yang akan menyandang status bergengsi itu dalam pertemuan tahunan di Polandia.

Pada Minggu, Komite itu juga menerima Taputapuatea, satu bagian dari "Segitiga Polynesia" di Pasifik Selatan sebagai bagian terakhir dunia yang ditinggali manusia dalam daftarnya.

Apps Bisnis.com available on: