Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

Jumlah Tip Dari Berbagai Negara

Ihya Ulum Aldin Kamis, 29/06/2017 11:42 WIB
Jumlah Tip dari Berbagai Negara
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Berapa banyak tip yang harus Anda berikan kepada pelayan jika sedang berkunjung ke suatu negara? Jika salah, bisa menyebabkan beberapa pelanggaran serius.

Seni memberikan tip selalu menjadi hal yang sulit untuk dikuasai. Kapan sebaiknya Anda melakukannya? Kapan sebaiknya tidak melakukannya? Berapa banyak yang harus Anda tinggalkan?

Ini semua adalah pertanyaan yang masih menimbulkan kebingungan bagi banyak orang, terutama saat berada di luar negeri. Sebuah dilema yang menyerang setiap pelancong.

Apalagi, di Indoensia, memberikan tip kepada pelayan bukan merupakan budaya yang populer. Mungkin Anda harus sedikit mengetahui untuk berjaga-jaga agar tidak salah saat sedang melancong ke negara lain.

Tip mungkin biasa terjadi di kebanyakan negara Barat, namun di belahan dunia lain, jika Anda meninggalkan uang di meja makan, Anda berisiko menyinggung staf.

Untungnya, Good Housekeeping Institute telah mengumpulkan informasi untuk membantu Anda melakukannya dengan benar, seperti dilansir oleh independent.co.uk.

Mungkin tidak mengejutkan, Amerika Serikat menduduki puncak daftar dengan tip restoran terbesar, dengan staf berharap ditinggalkan antara 15 sampai 25 persen dari tagihan Anda.

Sementara Spanyol, Portugal, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru berada jauh di belakang dengan harapan Anda meninggalkan antara 10 sampai 15 persen. Informasi tersebut juga mengungkapkan bahwa tip tidak diharapkan di banyak negara Asia Tenggara, namun akan dihargai oleh staf.

Di Perancis, tip untuk pelayanan sering sudah disertakan dalam total biaya makan, meski banyak yang masih menyisakan 10% untuk tip karena sopan santun. Namun di Jepang dan China, tip di restoran dan taksi keduanya tidak disukai dan harus dihindari.

"Di Jepang, tidak ada budaya memberikan tip dan Anda mungkin menyinggung pelayan jika Anda mencoba memberinya uang. Sementara di Amerika, tip sangat diharapkan, dan sangat tidak sopan jika Anda tidak meninggalkan apapun," ujar Sara Benwell, Editor konsumen Good Housekeeping, seperti ditulis oleh independent.co.uk.

 

"Di tempat-tempat seperti Amerika, misalnya, melupakan anggaran untuk tip, dapat membuat Anda menghabiskan hampir 25% lebih banyak dalam mata uang lokal daripada yang sudah Anda rencanakan," ujar Sara Benwell.

Benwell menambahkan bahwa kelalaian tersebut, kemungkinan akan menyebabkan penarikan tunai lebih banyak. Apa lagi dengan nilai tukar yang lebih tinggi, membuat budget liburan Anda jadi membengkak.

Berikut beberapa daftar tip di beberapa negara:

Negara 

 Restoran

 Taksi

 Australia dan

Selandia Baru

10-15%

Pembulatan tarif

Brazil

Tidak ada

Pembulatan tarif 

Kanda

20% 

10-15%

Tiongkok

Tidak ada

Tidak ada 

Mesir

5-10% 

10-15% 

Perancis

Tip biasanya sudah

dimasukan ke dalam

harga. Tapi memberi-

kan 10% bisa mem-

buat lebih sopan

Sekitar 10%

Jerman

10% 

Pembulatan tarif 

Yunani

5-10% 

Tidak ada

India

10% 

Pembulatan tarif 

Italia

10% 

Pilihan 

Jepang

Tidak ada 

Tidak ada 

Meksiko

10% 

Tidak ada 

Afrika Selatan

10-12.5% 

Pembulatan tarif  

Asia Tenggara

Tidak biasa.

Tapi sedikit

tip bisa men-

jadi apresiasi

Sedikit tip

akan sopan

Spanyol &

Portugal

10-12,5% 

Pembulatan tarif  

Belanda

Tidak ada

Pembulatan tarif 

Turki 

10% 

Pembulatan tarif 

Amerika Serikat 

15-25% 

Berikan sedikit tip

Sumber: Good Housekeeping Institute via independet.co.uk

 

Apps Bisnis.com available on: