Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Agustus 2017

Cileunyi & Nagreg Jadi Fokus Pemantauan Mudik

Hedi Ardia Selasa, 20/06/2017 13:35 WIB
Cileunyi & Nagreg Jadi Fokus Pemantauan Mudik
Jalur mudik Nagreg
Bisnis

Bisnis.com, SOREANG - Dalam memantau pelaksanaan arus mudik 2017, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polisi Resor (Polres) Bandung akan fokus pada dua titik keramaian kendaraan pemudik yakni Cileunyi dan Nagreg. Berbagai skenario terburuk pun telah diantisipasinya.

Kasat Lantas Polres Bandung, AKP Doni Eko Wicaksono mengatakan, pada arus mudik tahun ini pihaknya mendirikan dua pos pelayanan dan pos pengamanan di dua titik fokus yakni Cileunyi dan Nagreg. Tidak hanya mendirikan pos, pihaknya telah mempersiapkan tindakan pencegahan untuk keamanan para pemudik.

"Kita akan standby di titik Cileunyi dan Nagreg untuk antisipasi. Kami akan pantau kelancaran dan keamanan para pemudik selama arus mudik berlangsung tanpa henti," kata Doni, kepada wartawan, Selasa (20/6/2017).

Dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti terjadinya bencana alam seperti longsor terutama di jalur Nagreg, pihaknya telah meminta BPBD menyiagakan alat berat. Pasalnya, Nagreg berada di dataran tinggi serta berkelok, berbeda dengan jalur Cileunyi.

Sedangkan apabila terjadi banjir di sepanjang Jalan Nasional Bandung-Garut tepatnya depan kawasan kahatex, Kabupaten Sumedang, pihaknya akan mendorong pemudik untuk menggunakan jalur alternatif seperti jalur Sumedang atau Jalur Bojongsoang - Majalaya, Kabupaten Bandung.

"Tapi, kalau tidak mendesak jangan lewati Kamojang cukang Monteng dan Cijapati. Karena beberapa fasilitas penunjang masih belum terpasang di jalur alternatif tersebut. Gunakan jalur utama selama memungkinkan, jika kepadatan di jalur utama sudah tidak mampu dilewati maka gunakan jalur alternatif tersebut," imbaunya.

Selain permasalahan bencana yang menghantui jalannya arus mudik 2017 ini, adanya pasar tumpah dibeberapa titik dan pengendara yang nekat melawan arus tak luput dari perhatian Satlantas Polres Bandung. Pasalnya dua pelanggaran tersebut menjadi penghambat para pemudik maupun petugas.

Dalam arus mudik dan balik kali ini, jajaran Polres Bandung menerjunkan sekitar 2.000 personil dan tersebar diseluruh titik untuk menjamin keselamatan serta keamanan para pemudik yang hendak menuju kampung halaman.

Apps Bisnis.com available on: