Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 29 Juni 2017

MUDIK LEBARAN: Catat 52 Titik Kemacetan Di Jawa Barat Ini

Wisnu Wage Senin, 19/06/2017 14:28 WIB
MUDIK LEBARAN: Catat 52 Titik Kemacetan di Jawa Barat Ini
Jalur mudik Nagreg
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG –Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat memprediksi ada sekitar 52 titik kemacetan di jalur mudik yang ada di Jawa Barat. 52 titik tersebut tersebar mulai dari jalur utara, tengah, dan selatan.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mencatat titik kemacetan yang terjadi di antaranya untuk jalur utara mulai dari Tol Cikopo KM 72 atau KM 66 dan rest area 37 dan 57. Kemudian juga Simpang Mutiara, Simpang Jomin dan Cikalong serta Sukamandi (Subang) hingga Tegal Gubug (Cirebon).

“Kalau perkiraan titik macet di lintasan mudik Jabar, utara itu 17 (titik kemacetan), tengah ada 18, selatan 17," katanya kepada Bisnis, Minggu (18/6/2017).

Sementara untuk jalur tengah, pihaknya mewaspadai kemacetan yang terjadi di daerah Puncak Bogor dan Cipanas. Daerah ini menjadi tujuan wisata serta lintasan arus mudik yang diprediksi akan padat.

"Ada juga Ciranjang ada pasar juga kan itu, kita sudah koordinasi polres akan dikanalisasi di ciranjang sendiri. Kemudian masuk ke arah tengah ada Tanjung Sari (Sumedang) itu ada pasar, pom bensin dan ada alun-alun," tuturnya.

Sementara untuk jalur selatan, dia memprediksi kemacetan pasti terjadi di sekitar Limbangan dan Gentong. Kondisi ini selalu terjadi tiap tahunnya disebabkan jalan yang relatif kecil dan volume kendaraan membludak."Di Limbangan pasti terjadi, Leles juga setiap tahun seperti itu. Di Gentong karena persimpangan dan hambatan samping tadi," ucapnya.

Ia menyebutkan kemacetan memang kerap terjadi saat arus mudik dan balik lebaran. Sebab, volume kendaraan yang tumpah ruah di jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan yang ada tiap tahunnya.

Dedi mengatakan pihaknya sudah siap mengantisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi. Di antaranya dengan melakukan kanalisasi di titik-titik kemacetan.

"Di Pantura ada beberapa titik di tengah juga beberapa titik di selatan juga beberapa titik tapi semua sudah diantisipasi dengan sistem kanalisasi. Sehingga tidak ada penyebrangan orang disitu. Nah itu yang kita lakukan di lapangan," kata dia.

Apps Bisnis.com available on: