Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 29 Juni 2017

MUDIK LEBARAN: Disperindag Jabar Ikut Tertibkan Pasar Tumpah

Wisnu Wage Senin, 19/06/2017 11:40 WIB
MUDIK LEBARAN: Disperindag Jabar Ikut Tertibkan Pasar Tumpah
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat ikut terjun menertibkan puluhan titik pasar tumpah di jalur mudik Lebaran 2018.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, mengatakan terdapat puluhan pasar tradisional di sepanjang jalur utara, tengah, dan selatan Jawa Barat. Selama ini, keberadaan pasar tradisional atau pasar tumpah ini kerap disebut sebagai penyebab kepadatan lalu lintas di jalur mudik.

"Selama ini jam operasional pasar tradisional saat masa mudik susah ditentukan. Makanya kami mengupayakan operasi pedagang yang di pinggir jalan tidak melebihi jam 07.00," katanya di Gedung Sate, Senin (19/6/2017).

Dia memastikan operasi pasar tradisional di bagian bangunannya, cenderung tidak mengganggu lalu lintas secara langsung. Namun, lapak-lapak yang didirikan di pinggiran jalan yang dinilai berpotensi mengganggu arus lalu lintas.

"Aktivitas di depan pasar rakyat inilah yang membuat kemacetan. Kita akan ada pendekatan kepada para pedagang supaya tidak menghambat jalur mudik ini. Lagian, para pedagangnya juga pada mudik lebaran," katanya.

Hening optimis lalu lintas di sekitar pasar tradisional tahun ini akan lebih lancar daripada tahun lalu. Namun, Hening meminta pihak terkait menangani penumpukan kendaraan di kawasan jalan yang menyempit atau bottle neck, yang biasanya terjadi di sekitar pasar.

Apps Bisnis.com available on: