Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 29 Juni 2017

Yuk Ikutan Kompetisi Ide Membangunan Kota Bandung

Ilham Budhiman Senin, 19/06/2017 15:40 WIB
Yuk Ikutan Kompetisi Ide Membangunan Kota Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung menggelar kompetisi ide membangun kota melalui website iuran.id yang meliputi tema transportasi, wirausaha dan pengurangan angka kemiskinan.

"Ini program kelas dunia, karena gagasan dari warga dan sempat diminta wali kota Queenstown di New zealand. Ini menunjukkan inovasi kita melalui teknologi sudah mendunia," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (19/6).

Emil mengatakan, banyaknya problem di Kota Bandung membuat pihaknya menggelar kompetisi inovatif tersebut agar warga bisa berpartisipasi secara langsung di dalamnya.

"Kita berupaya agar upaya gagasan ini tidak datang dari pemerintah, sebab peradaban yang tinggi itu karena warganya berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah pembangunan," ujarnya.

Emil menuturkan, kompetisi ide ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap yakni penjaringan ide melalui kompetisi daring, penyeleksian oleh akademisi dan unsur pemerintah, pembuatan purwarupa, inkubasi, serta implementasi dan tindak lanjut.

Pemenangnya sendiri, kata dia, akan berkesempatan untuk diwujudkan gagasannya oleh Pemerintah Kota Bandung seperti pada tahun lalu yang dimenangkan oleh seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

"Tahun lalu (pemenangnya) ambulan motor untuk keluar masuk gang sempit dan bulan depan tanggal 13 ada sekitar 1500 dokter serta perawat akan mendatangi warga miskin di gang sempit bersama ambulan motor tadi," katanya.

Emil berharap, dengan adanya kompetisi inovatif ini dapat dijadikan sebuah kultur berkelanjutan serta memicu kreativitas warga Bandung yang menurutnya memiliki segudang ide bermanfaat demi pembangunan Kota Bandung.

"Semoga ini jadi kultur ya, kadang-kadang ada yang nganggap bahwa ini teh biasa. Padahal di mata daerah lain mah ini tuh luar biasa," ujarnya.

Menurut Emil, akan ada hadiah yang menanti bagi sang pemenang bila ide tersebut berhasil ditampung oleh Pemerintah Kota Bandung. Hadiahnya pun berupa uang dan komputer.

Tahun lalu, iuran.id berhasil menghimpun 1.681 gagasan dari 5214 anggota aktif dengan mengumpulkan gagasan luar biasa termasuk ambulan motor dan tempat sampah bawah tanah.

 

Apps Bisnis.com available on: