Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 29 Juni 2017

Ini Imbauan Emil Bagi Para Pemudik

Ilham Budhiman Senin, 19/06/2017 14:37 WIB
Ini Imbauan Emil Bagi Para Pemudik
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau biasa disapa Emil mengimbau para pemudik khususnya bagi warga Bandung yang mudik memakai sepeda motor untuk tetap memperhatikan prosedur keselamatan.

"Untuk (pemudik) yang naik motor, harus betul-betul dicek karena angka kecelakaannya relatif tinggi. Bannya kalau bisa diganti karena pengalaman saya dulu mudik ke Sumedang mogok. Jadi diservis dulu biar maksimal," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (19/6).

Emil menambahkan, prosedur keselamatan di perjalanan sangat penting bagi pemudik sepeda motor terlebih bagi yang membawa anaknya. Untuk itu dia mengimbau agar anak-anak memakai helm saat mudik ke kampung halaman.

"Kalau bisa beli helm dulu buat anak-anaknya. Jangan hanya bapaknya saja yang ingin selamat tapi anak-anaknya juga. Jadi tingkat keamanannya lebih tinggi," kata Emil.

Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat, Emil mengimbau para pengemudi agar selalu menyempatkan istirahat selama tiga jam sekali. Hal ini penting dilakukan demi keselamatan selama diperjalanan.

"Karena secara psikologis nyetir di atas tiga jam itu lelah ya, jadi kalau bisa tiap tiga jam rehat dulu. Dan juga bekal makanan yang cukup," katanya.

Selain itu, yang terpenting menurutnya adalah saat meninggalkan rumah, pastikan untuk mengecek instalasi listrik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pastikan juga dikunci dengan baik saat meninggalkan rumah, titipkan kepada tetangga yang tidak mudik. Kemudian listriknya dimatikan saja agar tidak konslet sehingga tidak ada potensi kebakaran, ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: