Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 24 Oktober 2017

Di Swedia, Telur Raksasa Ini Berfungsi Sebagai Penghangat Di Musim Dingin

Ilham Budhiman Minggu, 18/06/2017 09:05 WIB
Di Swedia, Telur Raksasa Ini Berfungsi sebagai Penghangat di Musim Dingin
Solar Egg
Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG -- Di Swedia, ada sebuah telur raksasa yang berfungsi sebagai penghangat di tengah salju yang sangat dingin. Telur raksasa itu bernama 'Solar Egg'.

Sesuai namanya, Solar Egg merupakan fasilitas sauna yang berbentuk telur keemasan dan berdiri di Luossabacke, Kiruna, yang merupakan kota paling utara di negara itu.

Dilansir Daily Mail, telur setinggi 5,1 meter itu dirancang oleh Bigert dan Bergstrom dan dinilai sebagai metode spesial untuk menghangatkan tubuh di kawasan lingkaran Arktik.

Bagian interiornya, terbuat dari batu, kayu, kuningan, dan kaca, lengkap dengan LED dan panel surya sehingga disebut ramah lingkungan. Suhu di bagian dalam dapat mencapai 75-85 derajat Celcius.

Untuk eksterior sendiri, terdapat 69 panel stainless steel dan lapisan titanium berwarna emas yang menjadikan tempat ini Instagrammable.

Selain sebagai tempat wisata, Solar Egg diharapkan menjadi tempat masyarakat bertemu dan beramah tamah. Solar Egg juga dibuka lantaran pusat kota akan dipindahkan sejauh 2 mil ke timur karena tanahnya mulai runtuh.

Sejauh ini beberapa kelompok perjalanan sudah mulai menawarkan kunjungan gratis ke tempat itu bagi pengunjung yang ingin melihat Matahari tengah malam pada musim panas di Swedia.

Menurut Travel + Leisure, sauna itu bisa menampung hingga delapan orang sekaligus. Ada semacam tungku kayu berbentuk hati didalamnya yang berfungsi sebagai pemanas.

Solar Egg juga dijadwalkan untuk berkeliling di sekitar wilayah Kiruna musim panas ini untuk membangun komunitas agar tidak hanya orang-orang Luossabacken yang bisa menikmati Solar Egg.

"Solar Egg menangkap semangat kebersamaan masyarakat Kiruna dan tradisi saunanya. Ini juga melambangkan matahari sebagai katalis kreativitas, kepedulian, harapan, dan kebersamaan." kata Mathias Sandberg, direktur penjualan dan pemasaran Riksbyggen.

Apps Bisnis.com available on: