Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Agustus 2017

5 Film Tentang Jazz Untuk Mengisi Waktu Libur Anda

Ihya Ulum Aldin Jum'at, 16/06/2017 16:41 WIB
5 Film tentang Jazz untuk Mengisi Waktu Libur Anda
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG - Film pertama dengan soundtrack yang dirilis secara komersial hadir pada Oktober 1927 dengan The Jazz Singer.

Saat itu, film tersebut mengundang sensasi saat penonton mendengar suara dari aktor Al Jolson ketika dia menggerakkan bibirnya. Alasannya karena zaman itu, film masih bisu dan saat penayangan, sering kali dipadukan dengan live orchestra, seperti dilansir oleh Deutsche Welle.

Dalam film The Jazz Singer, dikisahkan bahwa Al Jonson merupakan penyanyi Yahudi yang ditentang oleh tradisi keluarganya. Keluarga Yahudinya tersebut menolak Al Jonson menjadi seorang superstar.

Tidak hanya soal konflik tradisional dengan modern, film 1927 ini juga membahas konflik antara orang-orang yang percaya bahwa musik dibatasi pada tujuan keagamaan dengan mereka yang ingin hiburan. Perdebatan yang masih ada sampai hari ini.

Dalam film peraih Oscar La La Land, pianis jazz Sebastian Wilder (Ryan Gosling) berada diantara jazz klasik dengan genre yang lebih populer. Serial Netflix The Get Down juga menggambarkan konflik antara seorang musisi bercita-cita tinggi dengan ayahnya yang beragama.

Isu-isu tersebut telah dibahas lama dalam The Jazz Singer. Berikut 5 film tentang Jazz yang bisa menjadi pengisi waktu Anda, menurut Deutsche Welle:

1. Born to Be Blue (2016)

IMDb: 6.9

Rotten Tomatoes: 88%

Pemain terompet asal Amerika, Chet Baker (1929 - 1988) adalah legenda jazz. Baker adalah salah satu musisi kulit putih yang mendapatkan tempat di antara musisi hebat jazz, seperti Miles Davis, Dizzy Gillespie, dan Thelonious Monk.

Pembuat film asal Kanada, Robert Budreau memfokuskan pada tahun-tahun terakhir kehidupan Baker dalam filmnya "Born to Be Blue," yang dibintangi Ethan Hawke.

2. Let's Get Lost (1989)

IMDb: 7.9

Rotten Tomatoes: 96%

Di antara banyak film tentang musisi jazz di dunia, ada juga beberapa film dokumenter yang luar biasa. "Let's Get Lost" adalah salah satu yang luar biasa. Film yang pernah masuk dalam nominasi Oscar ini mencakup beberapa dekade karier Chet Baker.

3. The Glenn Miller Story (1954)

IMDb: 7.3

Rotten Tomatoes: 88%

Film ini memenangkan Oscar, pada 1955. Disutradarai oleh Anthony Mann, "The Glenn Miller Story" dibintangi James Stewart sebagai Glenn Miller, pemimpin band sekaligus peniup trombon.

Film ini bercerita tentang kisah cinta melodramatis di mana musik mempersatukan sebuah cinta. Film ini juga merupakan film yang sudah berwarna.

4. Round Midnight (1986)

IMDb: 7.4

Rotten Tomatoes: 100%

Salah satu film terbaik tentang jazz yang pernah dibuat. Disutradarai oleh Bertrand Tavernier, "Round Midnight" bercerita tentang Paris tahun 1950-an di mana terdapat pemain saksofon yang kecanduan alkohol.

Sutradara asal Perancis itu menginginkan musisi asli yang berperan dalam filmnya dan menampilkan beberapa pemusik, salah satunya pemeran utama, Dexter Gordon sebagai Dale Turner.

5. La La Land (2016)

IMDb: 8.2

Rotten Tomatoes: 93%

Dan akhirnya, tahun ini, pemenang Oscar adalah sebuah film tentang jazz - meskipun "La La Land" terkenal karena bergenre drama musikal ala Hollywood.

Berkisah tentang Sebastian Wilder (Ryan Gosling), pianis jazz, yang pantang menyerah. Film ini juga merupakan penghormatan bagi sejarah jazz dan komersialisasinya selama beberapa dekade terakhir.

Apps Bisnis.com available on: