Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

MUDIK LEBARAN: Ini Jumlah Bus Yang Disiapkan Dishub Kota Bandung

Ilham Budhiman Kamis, 15/06/2017 12:27 WIB
MUDIK LEBARAN: Ini Jumlah Bus yang Disiapkan Dishub Kota Bandung
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Dinas Perhubungan Kota Bandung telah memulai persiapan terkait ketersediaan bus angkutan Lebaran yang akan digunakan untuk mudik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 750 bus mudik di Terminal Leuwipanjang. Sedangkan di Terminal Cicaheum terdapat 250 bus.

"Cadangannya untuk di Terminal Cicaheum ada 60 kendaraan. Cadangan untuk di Terminal Leuwipanjang saya lupa. Relatif sama dengan tahun lalu pokonya," kata Didi, di Bandung, Kamis (15/6).

Didi menyatakan, perkiraan untuk penumpang mudik pada tahun ini akan mengalami penyusutan. Hal itu lantaran dipengaruhi beberapa faktor.

"Kami kira bakal turun, karena salah satunya sudah banyak tol yang sudah jadi sehingga potensinya akan banyak yang menggunakan kendaraan pribadi," ujar Didi.

Dia menambahkan, selain menyiapkan ketersediaan bus. Pihaknya telah melakukan uji kelaikan kendaraan. Dan hasilnya, menurut dia, masih ada beberapa bus yang tidak laik jalan.

"Yang pertama saat lakukan ramcheck, ada 3 dari 10 bus yang masih tidak laik. Lalu selanjutnya saya periksa lagi ada 1 dari 6 enam kendaraan. Ada yang sitem rem tangannya bermasalah sama bannya vulkanisir," katanya.

Didi mengatakan, bus yang laik jalan akan ditempeli stiker tanda kelaikan, sedangkan yang tidak laik bila tidak ada perbaikan pihaknya tak memperbolehkan untuk dipakai.

"Namun masalah penyebab kecelakaan bukan hanya faktor kelaikan, tapi masalah manusianya juga," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya akan bekerja sama dengan BNN Kota Bandung guna melakukan tes kesehatan bagi supir kendaraan yang akan membawa pemudik.

Apps Bisnis.com available on: