Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

Pemudik Bisa Gunakan Lingkar Kamojang

Hedi Ardia Jum'at, 09/06/2017 16:25 WIB
Pemudik Bisa Gunakan Lingkar Kamojang
Lingkar Kamojang

Bisnis.com, SOREANG - Pemkab Bandung mengimbau masyarakat yang membutuhkan jalur alternatif di jalur Selatan apabila terjadi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2017 agar memanfaatkan Jalan Lingkar Kamojang yang menghubungkan Ibun dengan Kab Garut.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, Jalan Lingkar Kamojang, Kab Bandung bisa digunakan sebagai jalur alternatif mudik apabila terjadi kemacetan di Nagreg bukan sebagai jalur utama. Pasalnya, medan di jalur tersebut tidaklah mudah untuk dilalui kendaraan roda empat.

"Jalan Lingkar Kamojang bisa digunakan dan sangat laik, dengan catatan sebagai alternatif saja bukan utama," kata Dadang kepada wartawan, saat melakukan safari ramadan di Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jumat (9/6/2017).

Menurutnya, Jalan Lingkar Kamojang merupakan jalur penghubung Kab Bandung dan Kab Garut atau Tasikmalaya. Untuk bisa menggunakan jalur ini, warga harus masuk dulu wilayah Majalaya untuk selanjutnya melanjutkan ke Ibun.

Dadang mengakui, kondisi di jalur tersebut tidak sepenuhnya sempurna terutama pada ketersediaan infrastruktur jalan seperti Penerangan Jalan Umum (PJU). Dengan sisa, 15 hari menjelang lebaran dianggapnya cukup untuk melengkapi PJU.

Bagi pemudik yang belum pernah mencoba jalur tersebut, disarankan tidak melinatasinya pada malam hari. Terlebih kendaraan roda empat bukan sistem manual atau matic tidak dianjurkan. Karena jalur ini memiliki turunan yang terbilang curam.

"Bagi pengguna mobil metik kami tidak menyarankan untuk melalui jalur tersebut karena memiliki turunan yang curam. Sebelumnya juga banyak yang blong dan terjadi kecelakaan," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: