Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 29 Juni 2017

KPPU: Harga Daging Sapi Stabil

Hedi Ardia Jum'at, 02/06/2017 15:10 WIB
KPPU: Harga Daging Sapi Stabil
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebutkan saat ini harga daging sapi relatif stabil. Di pasar tradisional, komoditas daging sapi segar ini dibanderol sebesar Rp130.000 per kg.

Ketua KPPU M Syarkawi Rauf menegaskan, patokan harga tersebut untuk daging berkualitas tinggi. Sedangkan, harga daging sapi kualitas rendah hanya dibanderol sebesar Rp80-90.000 per kg.

"Saya lega, karena pada Ramadan-Lebaran tahun ini harga relatif stabil. Karena, harga daging sapi di pasar tidak akan berfluktuatif tajam."

Pasokan sapi siap potong di Jabar kini relatif stabil. Dengan demikian, dia menegaskan tidak ada alasan harga daging sapi berfluktuasi di lapangan. Pasalnya, pasokan sapi siap potong dari feedloter ke RPH (rumah pemotongan hewan) stabil dan feedloter siap memenuhinya.

Dia menyebutkan, secara umum kebutuhan sapi di Jabar mengalami peningkatan hngga empat kali lipat menjadi 430 ekor per hari dari kebutuhan normal mencapai 105-107 ekor per hari.

Kenaikan permintaan ini semakin menjadi pada hari-hari menjelang Lebaran. Saban hari, kebutuhan sapi siap potong itu melonjak hingga enam kali lipat.

"Kesiapan pasokan ini sudah saya lihat sendiri saat sidak ke RPH Ciroyom dan Cianjur," ujarnya.

Di bagian lain, Syarkawi mengaku pada 7 Juni mendatang KPPU genap berusia 17 tahun. Dia mengaku sejak 2000 silam institusi anyar ini sukses menembus hampir semua sektor industri strategis di negeri ini.

Berdasarkan catatannya, hingga Mei 2017 ini KPPU berhasil mencetak piutang denda mencapai Rp579 miliar. Dari denda tersebut sebesar Rp302,8 miliar sukses dieksekusi.

"Sejauh ini, kita relatif sukses memperbaiki situasi pasar. Situasi persaingan usaha kini lebih sehat. Ujungnya, kondisi tersebut lebih menarik untuk investasi," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: