Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

600 Orang Diusulkan Jadi CPNS

Hedi Ardia Senin, 22/05/2017 18:29 WIB
600 Orang Diusulkan Jadi CPNS
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIMAHI - Pada tahun ini, Pemkot Cimahi akan mengusulkan 600 orang sebagai calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lewat formasi khusus kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Harjono mengatakan, penerimaan CPNS lewat jalur khusus tidak akan massal. Dengan mekanisme baru tersebut diharapkan memperoleh pegawai sesuai dengan kebutuhan.

Awalnya, kebutuhan pegawai yang diajukan ke pemerintah pusat itu mencapai 1.000 orang, tapi setelah dilakukan evaluasi oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang disetujui hanya 600 orang.

"Dari usulan 1.000 formasi yang disetujui hanya 600 untuk kebutuhan prioritas saja seperti guru, kesehatan dan tegana infrastruktur," katanya, kepada wartawan, Senin (22/5/2017).

Dengan formasi khusus itu, pihaknya telah memetakan serta mengevaluasi terlebih dulu jumlah tenaga yang dibutuhkan sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Saat ini pihaknya masih menunggu waktu pembukaan penerimaan CPNS dari pemerintah pusat.

Karena pemerintah pusat hanya memprioritaskan CPNS di tiga bidang, maka pengadaan untuk pegawai di pemerintah daerah pun belum bisa dilaksanakan. Padahal, kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkot terbilang banyak semenjak diberlakukannya Satuan Organisasi Tatanan Kerja (SOTK) baru.

"Banyak yang meminta kepada kami untuk penambahan pegawai. Kami sampaikan pakai yang ada saja. Itu kebijakan nasional," katanya.

Apps Bisnis.com available on: