Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 25 Juni 2017

Dinas Koperasi Diminta Benahi Koperasi

Hedi Ardia Sabtu, 20/05/2017 18:22 WIB
Dinas Koperasi Diminta Benahi Koperasi
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, SOREANG - Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Kab Bandung diperintahkan untuk menata kembali koperasi-koperasi yang ada. Pasalnya, di lapangan tidak jarang ditemukan adanya koperasi yang justru berpraktik rentenir.

Asisten II bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Sekda Kabupaten Bandung Marlan mengungkapkan, praktik rentenir berkedok koperasi harus segera dihentikan. Selain penataan ulang koperasi, Bank Perkeriditan Rakyat (BPR) pun diminta agar beroperasi hingga ke desa dengan menggunakan area kecamatan dijadikan tempat oprasional.

"Sejak perubahan regulasi, saya sudah menginstruksikan kepada dinas koperasi agar mendata kembali koperasi dan kepada BPR diharapkan bisa meningkatkan operasional sampai kepala desa untuk mengantisipasi maraknya rentenir," katanya, kepada wartawan, Sabtu (20/5/2017).

Marlan mengakui dirinya telah mendapatkan laporan mengenai indikasi praktik seperti itu. Salah satu upaya yang dilakukan adanya mendorong masyarakat memanfaatkan bantuan bagi UKM dari pemda masih ada di BPR dengan jumlah Rp3,5 miliar dengan bunga 7% per tahun sedang berjalan.

Guna mengikis koperasi yang bermasalah, pihaknya akan mendata ulang koperasi yang aktif dan tidak. Koperasi yang tidak aktif akan segera dibekukan agar tidak dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menjalankan praktik rentenir.

"Kalau ditemukan ada koprasi yang melakukan tindakan rentenir, saya akan tindak tegas dengan mencabut badan hukumnya. Karena semangat koprasi tidak seperti itu," paparnya

Apps Bisnis.com available on: