Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 24 Mei 2017

KPPU: Daging Sapi Di Bandung Cukup Hingga Lebaran

Hedi Ardia Sabtu, 20/05/2017 18:17 WIB
KPPU: Daging Sapi di Bandung Cukup Hingga Lebaran
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG - Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) memastikan persediaan daging sapi untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Bandung selama puasa hingga lebaran mencukupi.

Kepala KPPU Pusat Syarkawi Rauf mengatakan, kepastian stok tersebut diketahui usai melakukan pemeriksaan ke sejumlah Rumah Potong Hewan (RPH) diantaranya yang ada di Ciroyom, Kota Bandung. Lewat pemerisaan itu pihaknya ingin mengetahui kelancaran pasokan sapi siap potong ke RPH.

"Bagaimana distribusi sapi dari feddloter ke RPH dan dari Retailler didistribusikan ke pasar-pasar," katanya, kepada wartawan, tadi malam.

Berdasarkan keterangan yang didapatkannya dari para feddloter, sapi itu mencukupi bahkan mereka siap memasok berapapun kebutuhannya. Satu hal yang pasti saat awal Ramadan dan menjelang Idulfitri akan terjadi peningkatan kebutuhan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung Elly Wasliah yang ikut dalam sidak tersebut menyatakan, permintaan daging saat menjelang bulan puasa hingga Lebaran biasanya mengalami peningkatan tajam.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, jumlah sapi yang dipotong saat menjelang puasa dalam sehari mencapai 400 ekor dan mengalami lonjakan menjelang Idulfitri menjadi 650 ekor.

"Ada enam feedloter di Kota Bandung dan mereka menyatakan sanggup memasok dan alhamdulillah dalam kondisi aman dan tersedia," katanya.

Apps Bisnis.com available on: