Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 25 Juni 2017

Agung Mengaku Realistis Dalam Pilgub Jabar

Hedi Ardia Jum'at, 19/05/2017 07:53 WIB
Agung Mengaku Realistis Dalam Pilgub Jabar
Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal Sutisno
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Agung Suryamal mengaku sangat realistis dalam memandang persiapannya untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang. Pasalnya, dirinya menyadari bukanlah kader partai dan tak memiliki logistik dalam jumlah banyak.

Meski begitu, dalam politik yang serba cair dan dinamis peluangnya untuk maju baik sebagai Jabar 1 atau Jabar 2 masih terbuka lebar. Hal ini dikarenakan keputusan final mengenai pengusungan calon akan ditentukan oleh DPP.

"Saya masih terus melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik dan memang belum ada kesepakatan," katanya, kepada wartawan, Kamis (18/5/2017) malam.

Setidaknya ada empat partai yang telah berkomunikasi dengannya antara lain Partai Gerindra, PAN, PPP, dan PKB. Belum adanya kesepakatan lebih disebabkan karena setiap parpol masih mencari figur yang tepat untuk diusung.

Agung tak memungkiri sejumlah figur populer mulai terang-terangan mengumumkan kesiapan maju dalam Pilkada Jawa Barat pada 2018. Dua dari empat partai yang dia dekati pun sudah mengenalkan figur calon, yakni Partai Gerindra mencalonkan Mulyadi dan PAN menjagokan Desy Ratnasari.

Bagi Agung, tak ada masalah dengan itu, karena tahapan Pilkada masih cukup panjang dan terbuka segala kemungkinan seiring dinamika politik. Satu hal yang pasti, dirinya masih terus merespon dukungan para pengusaha Jabar untuknya.

"Karena tidak punya partai, saya melihat peta dulu. Saya tidak ingin mengecewakan mereka, saya melihat potensinya," katanya.

Dirinya pun tidak memiliki target harus menjadi calon gubernur. Wakil Gubernurpun tak jadi soal karena dia menyadari sebagai pendatang baru dalam kancah politik praktis.

Sementara itu, untuk meningkatkan bargainning Agung terhadap partai politik, tadi malam puluhan pengusaha Jabar pembubuhan tandatangan sebagai bentuk komitmen serius mereka terhadap majunya sosok pengusaha pada pesta demokrasi di Jabar.

Pengusaha berharap majunya Agung bisa mewakili aspirasi pengusaha yang selama ini belum mendapatkan perhatian signifikan dari pemerintah. Ketua Apindo Dedi Wijaya menyatakan, Jabar merupakan daerah yang dikarunia sumber daya alam melimpah dan kontribusi industri yang besar terdahap PDB, tapi daya saingnya masih rendah.

"Saya rasa Pak Agung siap membangun potensi-potensi Jabar ini ke depannya," ujar Dedi.

Apps Bisnis.com available on: