Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Bawang Putih Di Kabupaten Bandung Naik Rp15.000/kg

Hedi Ardia Jum'at, 19/05/2017 15:37 WIB
Bawang Putih di Kabupaten Bandung Naik Rp15.000/kg
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, SOREANG - Menjelang bulan puasa, harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bandung mengalami kenaikan sebesar Rp15.000 dari sebelumnya Rp50.000 menjadi Rp65.000 per kg. Lonjakan harga itu disebabkan minimnya suplai terutama bawang lokal.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Poppy Hopipah mengungkapkan, dari sejumlah kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan paling tinggi adalah bawang putih sebesar Rp15.000 per kg. Sedangkan cabai merah, tanjung, hijau dan rawit relatif stabil.

Dia menjelaskan, salah satu penyebabnya adalah pasokan barang yang tidak ada salah satu nya akibat penimbunan yang terjadi di Bekasi. Sementara itu, terkait dengan faktor cuaca tidak terlalu berdampak signifikan.

"Setelah terbongkarnya kasus penimbunan itu diharapkan harga bisa kembali stabil," katanya, kepada wartawan, Jumat (19/5/2017).

Adanya kasus penimbunan itu tentu akan menjadi bahan evaluasi antara pemda dan aparat kepolisian yang telah membentuk satgas pangan. Tim juga melibatkan dinas pertanian, ketahanan pangan untuk menyamakan persepsi terkait hal itu.

Harga komoditas sembako di pasar-pasar tradisional relatif aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat satu bulan ke depan. Selain itu, harga relatif belum signifikan naik.

Kasatreskrim Polres Bandung AKP Firman Taufik mengatakan pengawasan terhadap stok komoditas bahan pokok akan dilakukan hingga satu minggu setelah hari raya Idulfitri. Pihaknya akan menindak distributor atau pedagang yang sengaja menaikan harga secara sepihak.

"Untuk sementara harga masih stabil, pasokan barang masih cukup selama puasa persediaan barang akan aman," ujarnya. Pihaknya juga akan melakukan antisipasi jika terjadi penimbunan komoditas bekerja sama dengan dinas dengan melakukan pengecekan ke pedagang dan distributor.

Lina (45), pedagang di pasar tradisional Soreang mengungkapkan harga bawang putih mengalami kenaikan. Meski begitu, konsumen tetap stabil membeli bawang tersebut di rukonya.

"Bawang putih, seperempat sekitar Rp14.000 padahal biasanya Rp11.000," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: