Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Geopark Ciletuh Diprediksi Jadi Destinasi Favorit Liburan Lebaran

Wisnu Wage Jum'at, 19/05/2017 15:45 WIB
Geopark Ciletuh Diprediksi Jadi Destinasi Favorit Liburan Lebaran
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Optimis Kawasan Taman Nasional Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu (TNGC) akan menjadi primadona wisatawan saat libur lebaran mendatang.

Kadisparbud Jabar Ida Hernida mengatakan informasi mengenai keindahan TNGC sudah tersebar di masyarakat, sehingga kawasan wisata yang terletak di Sukabumi Selatan ini menjadi buruan masyarakat yang hendak menikmati perpaduan keindahan Geologis, biologi, dan keindahan laut dalam satu paket.

"Jangankan lebaran, sekarang pun weekday sudah penuh, mobil dan motor pun sampai susah lewat," katanya Jumat (19/5/2017).

Menjadi leading sector pembangunan TNGC ini untuk menjadi Kawasan Pariwisata Internasional menjadikan tantangan tersendiri untuk Ida, pasalnya bukan perkara mudah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat terkait persiapan TNGC menjadi Unecsco Global Geopark. Sehingga ia memandang momen libur lebaran akan menjadi waktu yang tepat untuk dilakukan sosialisasi secara masif.

Sosialisasi yang dilakukan pihaknya diantaranya adalah, mempersiapkan masyarakat lokal di kawasan TNGC menjadi masyarakat pariwisata. Artinya, masyarakat harus mampu mengelola potensi-potensi yang dimilikinya. Seperti kebudayaan, kerajinan kreatif, serta kemampuan bahasa untuk menjadi modal pemanda wisata.

Lainnya, adalah optimalisasi Tourism Information Center (TIC), serta infrastruktur primer lain seperti petunjuk jalan, gapura kawasan, lokasi parkir, dan lain-lain.

"Kami sudah persiapkan potensi lonjakan yang akan terjadi pada musim liburan lebaran nanti," pungkasnya.

Apps Bisnis.com available on: