Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

Unpad Dirikan Sanggar Pertanian Di Arjasari

Hedi Ardia Kamis, 18/05/2017 17:34 WIB
Unpad Dirikan Sanggar Pertanian di Arjasari
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, SOREANG - Universitas Padjadjaran (Unpad) berencana mendirikan Sanggar Penelitian Latihan dan Pengembangan Pertanian (SLPP) Fakultas Pertanian. Sanggar tersebut akan dibangun diatas lahan seluas 250 hektare di Arjasari, Kab Bandung.

Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad mengungkapkan, SPLPP Arjasari akan digarap setidaknya oleh 480 petani. Dengan ratio sebesar 12 orang per hektarnya. Nantinya, petani akan dirangkul untuk menggarap lahan pertanian,

"SLPP menjadi lahan kemitraan dengan para pemangku kepentingan Unpad," katanya, kepada wartawan, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya, dengan luas lahan yang representatif kampus Arjasari direncanakan akan dijadikan sebagai wahana integrasi pengembangan akademik, keberlanjutan lingkungan, dan penguatan budaya.

Dari segi pengembangan akademik, Unpad akan menjadikan kampus Arjasari sebagai kampus pendidikan vokasi (kejuruan). Nantinya akan diintegrasikan aktivitas pertanian dengan Taman Sains dan teknologi.

"Pendidikan vokasi dipilih dalam rangka mempersiapkan tenaga terampil di bidang terapan. Saat ini Indonesia kekurangan tenaga terampil untuk pengembangan teknologi terhilirkan. Untuk itu, pendidikan vokasi yang nanti dikembangkan harus terintegrasi dengan bidang ilmu yang saat ini dimiliki Unpad," ujarnya.

Menurut pandanganya, siswa siswi asal Kabupaten Bandung memiliki kompetensi yang tinggi, maka dari Program Unpad Nyaah Ka Jabar, dari hadirnya kampus di Arjasari, pihaknya akan memprioritaskan pendidikan terlebih dahulu untuk masyarakat Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung H.Dadang M.Naser mendukung pendidikan vokasi sebagai penguasaan keahlian terapan di bidang peternakan dan pertanian. Terlebih akan melibatkan petani setempat.

Terkait pengembangan kampus Unpad Arjasari itu lanjutnya, akan hadir salah satunya bidang industri agro bisnis, disamping industri agro tourism. Dia berharap Unpad bisa menerima lebih banyak lagi mahasiswa, yang berasal dari kabupaten Bandung.

"Karena melihat banyak dari potensi daerah yang akan kami kembangkan pada bidang itu, maka dibutuhkan tenaga SDM ahli terutama yang membidangi pertanian dan peternakan, untuk kemudian diberdayakan di lapangan,"paparnya.

Apps Bisnis.com available on: