Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 19 Agustus 2017

Pemekaran Kabupaten Bandung Timur Dideklarasikan Setelah Lebaran

Hedi Ardia Kamis, 18/05/2017 11:11 WIB
Pemekaran Kabupaten Bandung Timur Dideklarasikan Setelah Lebaran
Spanduk bertuliskan Selamat Datang di Kabupaten Bandung Timur
Facebook

Bisnis.com, SOREANG - Setelah lebaran tahun ini, deklarasi besar-besaran terkait pemekaran Kab Bandung Timur (KBT) akan dilakukan. Hal ini menindak lanjuti keluarnya surat rekomendasi usulan pemekaran daerah dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI kepada Kementerian Dalam Negeri.

Ketua Deklarasi Komite Independen Pengawas Pembangunan dan Percepatan Pemekaran Kabupaten Bandung Timur (KIP4 KBT), Aas Kadarsyah mengatakan, deklarasi pemekaran KBT ini dilakukan secara besar-besaran. Kegiatan tersebut, akan melibatkan semua elemen masyarakat KBT.

"Karena sekarang ini kita menghadapi bulan puasa dan lebaran, deklarasi akan kami laksanakan setelah lebaran. Dan mulai saat ini kami mulai melaksanakan berbagai persiapan untuk deklarasi ini," katanya, kepada wartawan, Kamis (18/5/2017).

Setelah dilaksanakan deklarasi, KIP4 KBTpun akan segera mempersiapkan berbagai persyaratan dan tahapan pembentukan sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB). Tentu saja, persiapan ini melibatkan semua pihak, mulai dari birokrasi, akademisi, masyarakat dan semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Bandung Timur.

Konsep pemekaran KBT meliputi 15 kecamatan di wilayah timur Kabupaten Banung mulai dari Cimenyan, Cilengkrang, Cileunyi, Nagreg, Majalaya, Ibun, Ciparay, Kertasari, Bojongsoang dan beberapa kecamatan lainnya.

"Keinginan untuk pemekaran wilayah ini tidak didorong oleh keinginan emosional semata, melainkan berdasarkan kajian dan harapan sebagian besar masyarakat Kabupaten Bandung yang ada di wilayah timur," ucapnya.

Mengenai rekomendasi tersebut sebenarnya telah keluar pada Desember 2016 kemarin yang berbarengan dengan surat rekomendasi pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk beberapa daerah di Indonesia, baik itu tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.
Dalam usulan tersebut, tercantum juga rencana pemekaran Kabupaten Bandung Timur (KBT) bersama beberapa daerah lainnya di Indonesia. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi masyarakat di Kabupaten Bandung wilayah timur.

"Surat ditandatangani oleh Ketua DPD I, Ahmad Muqowam yang menyebutkan bahwa rekomendasi itu harus segera dilaksanakan oleh pemerintah pada 2017 ini," paparnya.


Apps Bisnis.com available on: