Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 24 Mei 2017

Tol Dalam Kota Bandung: Jabar Ajukan Dana Pembebasan Lahan Rp650 Miliar

Wisnu Wage Kamis, 18/05/2017 11:05 WIB
Tol Dalam Kota Bandung: Jabar Ajukan Dana Pembebasan Lahan Rp650 Miliar
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajukan permohonan bantuan anggaran pembebasan lahan Rp650 miliar untuk kepentingan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) kepada pemerintah pusat.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya secara resmi sudah mengajukan anggaran tersebut pada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang digelar beberapa pekan lalu.

Menurutnya anggaran yang diperkirakan Rp650 miliar tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan. “Untuk percepatan, diperlukan dukungan APBN terutama untuk pembebasan lahan,” katanya kepada Bisnis, Rabu (17/5/2017)

Permohonan bantuan tersebut mengingat Pemprov Jabar tidak bisa menganggarkan dana sebesar itu karena keterbatasan. Dibutuhkan paling tidak anggaran sekitar Rp1 triliun untuk membebaskan lahan seluas 30 hektare antara KM 149 Tol Purbaleunyi dengan Jalan Raya Soekarno-Hatta.

“Cuma 3 kilometer yang harus dibebaskan, tapi taksiran terbaru tanah di sana Rp3 juta/meter persegi,” ujarnya.

Pihaknya berharap pemerintah masih serius mewujudkan BIUTR mengingat kebutuhan akan jalan bebas hambatan guna memecah kemacetan di Kota Bandung sudah sangat mendesak.

"Ini sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo oleh Pak Gubernur melalui rapat terbatas beberapa waktu lalu. Kami harap Pemerintah Pusat bisa membantu pembebasan lahan ini supaya pembangunan bisa dilaksanakan segera," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: