Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Inspektorat Cimahi Kekurangan Pegawai

Hedi Ardia Rabu, 17/05/2017 18:45 WIB
Inspektorat Cimahi Kekurangan Pegawai
Pemkot Cimahi

Bisnis.com, CIMAHI - Pengawasan yang dilakukan Inpektorat Kota Cimahi diakui masih belum optimal. Hal ini disebabkan keterbatasan waktu dan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Sekretaris Inspektorat Kota Cimahi, Yandi Tubagus mengatakan, berdasarkan kajian yang telah dilakukan kebutuhan terhadap staf auditor sebanyak 44 pegawai. Sedangkan yang ada saat ini hanya 17 auditor saja.

"Buat auditor kebutuhan kita itu 44 orang. Sedangkan yang ada saat ini hanya 11 orang termasuk tenaga fungsional dari Depdagri itu hanya 6 orang. Totalnya 17 orang. Jadi memang keterbatasan itu waktunya dan orang,” katanya, kepada wartawan, Rabu (17/5/2017).

Dampaknya, tidak semua bisa diperiksa. Karena untuk memeriksa secara keseluruhan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam tugasnya, inspektorat bertugas membantu Walikota dalam urusan membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Tehnisnya, inspektorat mengawasi seluruh kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengawasan pengeolaan keuangan di Pemerintah Daerah. Karena pentingnya, peran inspektorat itulah yang membuatnya mengajukan tambahan pegawai.

"Kami sudah mengajukan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Buat auditor itu prosesnya nggak gampang,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengakui, selama pengawasan yang dilakukan olehnya, masih ada beberapa penemuan penyalahgunaan, meski begitu tidak terlampau mencolok. Dia mencontohkan, ketika ada perjalanan dinas yang dilakukan Pemerintah Kota Cimahi, itu ada beberapa pembayaran dinas sisa.

"Kita laporkan ke Walikota, harus ditindaklanjuti. Misalnya ada kelebihan pembayaran, mereka kan harus setor ke kas daerah," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: